Sukses

Lebih Bersih Mana, Cebok dengan Air atau Tisu?

Bidet semakin umum digunakan di Indonesia. Namun, apakah penggunaan bidet lebih bersih dibandingkan tisu toilet?

Pernahkah Anda mendengar istilah ‘bidet’? Bidet adalah aliran air pada kloset yang berfungsi membersihkan bagian genital setelah buang air kecil atau buang air besar. Bidet dapat dipasang terpisah atau menjadi kesatuan dengan kloset.

Awalnya, bidet mulai digunakan di Eropa, tetapi kini penggunaan bidet sudah umum di seluruh dunia. Di Indonesia, penggunaan bidet banyak dijumpai pada toilet di berbagai tempat umum.

Lalu, mana yang lebih efektif? Membersihkan daerah genital dengan bidet atau tisu toilet?

Bidet vs Tisu Toilet

Tisu merupakan alat yang populer dan tergolong aman untuk membersihkan daerah genital setelah BAK/BAB. Namun, penggunaan bidet dinilai dapat membersihkan kotoran lebih efektif, serta memberikan sensasi segar pada daerah genital.

Selain itu, pada orang dengan gangguan wasir, penggunaan tisu toilet sering kali menyebabkan iritasi lebih lanjut. Sebaliknya, penggunaan bidet tidak memerlukan kontak langsung antara tangan dengan daerah genital.

Penggunaan bidet mengurangi risiko kontak bakteri pada tangan setelah membersihkan daerah genital. Perlu Anda ketahui bahwa tangan yang tidak dicuci bersih setelah berkontak dengan feses merupakan metode penularan penyakit.

Jika sarana bidet tersedia, Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan daerah genital Anda. Selain efektif untuk membasmi kotoran, bidet juga ramah lingkungan karena dapat mengurangi penggunaan tissue toilet.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar