Kesehatan Umum

Penyakit Mematikan Ini Bersumber dari Perut Buncit

dr. Nadia Octavia, 11 Des 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hati-hati, lemak di daerah perut bisa sangat berbahaya bagi kesehatan!

Penyakit Mematikan Ini Bersumber dari Perut Buncit

Perut buncit merupakan tumpukan lemak yang berkumpul di sekitar perut. Tak hanya kurang sedap dipandang mata, perut buncit juga bisa menjadi sarang penyakit. Apa saja penyakit-penyakit tersebut?

Penyakit jantung

Anda yang bertubuh kurus dan ‘hanya’ perut saja yang buncit, jangan berlega hati dulu! Meski bobot tubuh Anda tidak berlebih, perut buncit yang Anda miliki ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine, mereka yang memiliki perut buncit berisiko tinggi untuk terkena penyakit jantung.

Diabetes tipe 2

Berat badan yang berlebih merupakan faktor risiko utama dari diabetes tipe 2. Walau demikian, faktor lain seperti genetik juga memainkan peranan. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh International Obesity Task Force menyebutkan bahwa pada tahun 2002, 60% kasus diabetes di seluruh dunia disebabkan oleh obesitas.

Tak hanya itu, penelitian lain yang dilakukan oleh University of Kentucky menyebutkan bahwa Anda yang berperut buncit juga berisiko tinggi mengalami diabetes tipe 2.

Hipertensi

Selain gaya hidup yang tidak sehat, penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah berat badan yang berlebih. Bila tidak terkontrol, hipertensi dapat membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, jika berat badan Anda berlebih, segeralah ubah gaya hidup agar berat badan bisa turun. Karena setiap 10 kg berat badan yang Anda hilangkan, dapat mengurangi tekanan darah sistolik hingga 20 mmHg.

Kolesterol tinggi

Anda penderita kolesterol tinggi? Cobalah berkaca. Bisa jadi penyebab dari kadar kolesterol Anda yang tinggi adalah perut yang membuncit. Ya, perut buncit dapat meningkatkan risiko Anda mengalami kolesterol tinggi.  

Kunci utama agar terhindar dari penyakit-penyakit ini adalah menjaga pola makan, dan tentu saja berolahraga teratur. Dengan memilih makanan yang rendah lemak, kolesterol, garam, dan gula, risiko Anda terkena penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya pun dapat berkurang.

[RS/RH]

Perut BuncitPenyakitSerangan Jantung

Konsultasi Dokter Terkait