HomeGaya hidupSehat dan BugarMudah Lelah? Mungkin Kamu Kurang Olahraga
Sehat dan Bugar

Mudah Lelah? Mungkin Kamu Kurang Olahraga

dr. Dyah Novita, 04 Feb 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tubuh kamu terasa mudah lelah? Mungkin akibat kurang olahraga! Bagaimana kurang olahraga bisa menyebabkan tubuh mudah lelah? Ini faktanya.

Mudah Lelah? Mungkin Kamu Kurang Olahraga

Belakangan ini kamu merasa kurang berenergi saat bekerja atau stamina mulai menurun? Coba perhatikan aktivitasmu, sudahkah kamu rutin berolahraga? 

Jangan-jangan kamu adalah golongan orang yang hanya rutin membayar biaya keanggotaan di pusat kebugaran, tetapi tidak pernah datang sama sekali?

Ketahuilah bahwa olahraga bukan hanya persoalan menjaga berat badan saja. Olahraga juga dapat meningkatkan produktivitas. Saat kamu fokus, pekerjaan tentu akan selesai lebih cepat dan mungkin saja kamu bisa naik jabatan lebih cepat. 

Latas, apa hubungan kurang olahraga dan mudah lelah? Yuk cari tahu jawabannya di artikel ini. 

Kenapa Kurang Olahraga Bikin Mudah Lelah?

Salah satu penyebab mudah lelah ialah kurang olahraga. Saat kurang olahraga, tubuh akan lebih kaku, kurang bugar, dan semakin lama akan membuat kamu mudah lelah.

Rajin berolahraga membuat tubuh terbiasa membakar energi dan terlatih untuk melakukan aktivitas fisik. Sebaliknya, jika malas olahraga, tubuh jadi 

tidak terbiasa mengeluarkan energi tambahan, kamu pun lebih lesu dan mudah lelah. 

Apa saja keuntungan dari rutin berolahraga? Simak manfaatnya berikut ini: 

1. Menjaga Kamu Tetap Fokus

Studi dari University of Bristol menunjukkan bahwa setelah berolahraga, performa dalam bekerja akan mengalami peningkatan. Manajemen waktu juga menjadi lebih baik dan ketajaman otak meningkat.

2. Lebih Berenergi

Stamina yang baik membuat pekerjaan terasa lebih mudah dan ringan. Dengan berolahraga, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Perjalanan glukosa dan oksigen ke seluruh tubuh jadi maksimal dan kamu pun lebih berenergi.

3. Lebih Terinspirasi dan Banyak Ide

Kreativitas seseorang tidak akan muncul saat sedang suntuk. Ide-ide juga akan terasa buntu. Untuk mengakalinya, cobalah berjalan-jalan sejenak. 

Berdasarkan penelitian Journal of Experimental Psychology,  terdapat peningkatan aktivitas 60 persen pada area otak yang bertugas untuk memunculkan ide kreatif saat kamu berjalan-jalan.

4. Meningkatkan Kesehatan Fisik 

Kondisi tubuh yang prima bisa membuatmu bekerja lebih maksimal. Nah, akibat kurang olahraga, kesehatanmu bisa menurun. Salah satu kunci utama kesehatan fisik yang prima tentu saja olahraga. 

Tak hanya membuat berat badan ideal, kekebalan tubuh pun akan meningkat sehingga kamu tidak mudah sakit. Jadi, tunggu apalagi? Jangan malas bergerak dan mulai berolahraga rutin setiap hari, ya! 

Penuhi Kebutuhan Olahraga agar Tak Mudah Lelah

Menurut American College of Sports Medicine (ACSM), durasi olahraga yang disarankan yaitu 150-250 menit per minggu. Jadi kamu bisa berolahraga setidaknya 30 menit dalam satu hari untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit. 

Meskipun penting untuk kesehatan, olahraga berlebihan juga tidak baik. Untuk pemula, kamu dapat melakukan olahraga intensitas ringan-sedang dulu. Olahraga jenis ini tidak membuat kamu terlalu lelah, tetapi manfaat untuk kesehatan tetap bisa didapatkan.  

Berolahraga secara rutin bisa jadi cara untuk #JagaSehatmu. Selain menyehatkan, olahraga teratur juga banyak manfaatnya, termasuk pada produktivitasmu sehari-hari. 

Selain rutin berolahraga, kamu juga perlu menjaga asupan nutrisi dan istirahat cukup. 

Jika memerlukan konsultasi dengan dokter, yuk pakai layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter! Nah, kalau kamu ingin mengetahui apakah berat badanmu ideal atau belum, coba pakai kalkulator BMI.

(DA/JKT)

OlahragaSemangatrutinitas

Konsultasi Dokter Terkait