Sukses

10 Snack Terbaik untuk Kulit

Walaupun riset dalam produk-produk kecantikan semakin maju, pakar kecantikan tetap sepakat bahwa kulit yang sehat sangat dipengaruhi oleh apa yang dimakan. Yuk, intip beberapa snack yang terbukti mempercantik kulit dari dalam.

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap hari kulit manusia mengalami ‘kerusakan’ yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV). Ini disebut dengan photoaging, penuaan akibat paparan sinar matahari. Penuaan ini ditandai oleh flek-flek hitam kecokelatan dan kerutan pada kulit.

Berbagai studi menunjukkan bahwa makanan-makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E, likopen, asam linoleat, flavonoid, dan betakaroten menghambat kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Selain itu, diet rendah lemak dan karbohidrat juga ditemukan berhubungan dengan berkurangnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Nah, berikut ini adalah sepuluh variasi snack yang telah terbukti baik untuk kesehatan kulit:

  1. Cokelat

Cokelat jenis dark chocolate kaya akan kandungan flavonoid kakao, salah satu antioksidan yang sangat kuat. Cokelat juga membuat kulit lebih kencang dan elastis. Disarankan untuk mengonsumsi cokelat yang mengandung kakao 70%.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang tinggi kandungan proteinnya. Mengonsumsi satu porsi yoghurt dalam sehari dipercaya membuat kulit lebih kencang dan lembut.

  1. Telur

Jangan takut untuk mengonsumsi telur! Telur mengandung protein dalam bentuk asam amino yang penting dalam pembentukan kolagen.

  1. Havermut

Havermut mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit. Havermut juga dicerna dalam waktu yang cukup lama sehingga kadar gula darah tidak cepat meningkat. Hal ini penting sebab peningkatan gula darah yang cepat akan meningkatkan kadar hormon yang menyebabkan kerutan pada kulit.

  1. Delima

Delima mengandung antioksidan polifenol yang melawan radikal bebas dan mengatur aliran darah sehingga kulit tampak merah merona.

  1. Kiwi

Buah ini kaya akan kandungan vitamin C, yang juga diperlukan dalam pembentukan kolagen. Kolagen mengencangkan dan memperhalus kerutan-kerutan pada kulit.

  1. Berbagai macam sayuran

Sayuran berwarna hijau, merah, dan kuning kaya akan antioksidan. seperti beta-karoten, vitamin A, B, dan C. Contohnya: buncis, bayam, tomat, wortel, dan labu kuning. Zat-zat ini membuat kulit lebih kurang sensitif terhadap sinar matahari sehingga kulit tetap kencang, lembut, dan bebas kerutan.

  1. Kacang-kacangan

Kacang walnut mengandung asam lemak omega-3 dalam bentuk asam alfa-linolenat yang meningkatkan elastisitas kulit. Kacang ini juga mengandung mineral tembaga yang meningkatkan produksi kolagen. Kekurangan asam lemak jenis ini membuat kulit mudah kering, bersisik, dan mengalami eksim.

Kacang merah kaya akan kandungan mineral seng yang memiliki sifat menyembuhkan sehingga kulit tidak mudah rusak. Seng ini juga penting untuk mencegah timbulnya jerawat.

Kacang kedelai edamame atau susu kedelai mengandung aglycone, salah satu isoflavon yang mengurangi hiperpigmentasi, seperti flek-flek hitam kecokelatan pada kulit.

  1. Biji bunga matahari

Vitamin E dalam biji bunga matahari membuat kulit tetap elastis dan kencang.

  1. Teh hijau

Teh hijau sangat kaya akan kandungan antioksidan yang disebut dengan EGCG (epigallocathecin gallate). Antioksidan ini terbukti mengurangi peradangan, serta meningkatkan aliran darah dan oksigen pada kulit.

Fakta-fakta di atas membuktikan bahwa konsumsi makanan sehat merupakan modal yang berharga untuk mengurangi dan menghambat tanda-tanda penuaan kulit, serta mencegah beberapa penyakit kulit. Selain itu, kondisi tubuh Anda secara keseluruhan tentunya menjadi lebih sehat.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar