Sukses

Hindari Makanan Ini Agar Kulit Berseri

Apa yang Anda konsumsi memengaruhi penampilan kulit Anda. Itulah mengapa, ada beberapa makanan yang perlu Anda hindari karena bisa membuat kulit kusam.

Pepatah ‘you are what you eat’ bukanlah isapan jempol belaka. Apa yang Anda makan dan minum akan memengaruhi penampilan kulit Anda. Karena itu, waspadalah terhadap jenis-jenis makanan yang membuat kulit kusam.

Di dalam kulit, terdapat elastin dan kolagen yang penting untuk keutuhan dan kecantikan kulit. Nah, kedua komponen penting ini sangat dipengaruhi oleh jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Nah, berikut ini adalah daftar makanan yang membuat kulit kusam sehingga patut dihindari:

1 dari 6 halaman

1. Kue-Kue Manis, Biskuit, dan Permen

Makanan-makanan ini mengandung karbohidrat sederhana, yaitu glukosa, dalam bentuk yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Glukosa yang terserap dari karbohidrat sederhana akan membuat kadar gula darah naik dengan cepat.

Kondisi gula darah yang tinggi ini dapat merusak kolagen. Sisi lainnya, karbohidrat sederhana menyebabkan gula darah cepat naik namun juga cepat turun.

Akibatnya, seseorang akan cenderung mudah lapar dan tergoda untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat (gorengan atau makanan manis lainnya).

Artikel Lainnya: Segera Hentikan! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulit Anda

2. Serealia ‘Sehat’

Jangan tertipu dengan serealia ‘sehat’! Serealia yang benar-benar menyehatkan adalah sereal yang berupa biji utuh (whole grain) dan berwarna lebih kecokelatan. Banyak serealia yang diklaim sehat, tetapi ternyata merupakan karbohidrat olahan dan kadar gula yang tinggi.

Sebagai penanda, Anda bisa memperhatikan tampilannya. Apabila tampilannya berwarna putih dan sangat mudah hancur atau lumat saat dikunyah, kemungkinan itu merupakan makanan olahan yang berasal dari karbohidrat sederhana.

2 dari 6 halaman

3. Keripik

Keripik juga bisa menjadi salah satu makanan yang membuat kulit kusam. Pasalnya, keripik padat dengan karbohidrat olahan sehingga dapat meningkatkan peradangan yang memicu kerusakan kolagen. Akibatnya, kulit tampak berkerut, menua, dan lebih banyak garis-garis halus.

Karbohidrat olahan ini juga memicu timbulnya jerawat. Keripik yang digoreng dengan minyak juga dapat menimbulkan bahaya kelebihan asupan lemak yang jenuh dan tidak sehat.

Artikel Lainnya: Tak Cuma Bagus untuk Tubuh, Ini Manfaat Gandum untuk Kecantikan

4. Smoothies dan Jus Kemasan

Label ‘sehat’ yang ada di dalam jus kemasan maupun smoothies umumnya semu. Gula yang ada di dalam jus kemasan dan smoothies sering kali sudah tidak alami (bukan berasal dari manisnya buah) karena sudah ditambahkan pemanis.

Selain itu, kandungan serat di dalam kedua minuman ini sangat rendah. Serat penting untuk mencegah peningkatan gula darah yang cepat, yang dapat memicu penuaan dini pada kulit.

Bila Anda menyukai smoothies atau jus buah, sebaiknya dibuat sendiri dengan tidak menambahkan pemanis seperti gula pasir dan sejenisnya.

3 dari 6 halaman

5. Minuman Bersoda

Kadar gula dalam minuman bersoda sangat tinggi. Ini sangat berpotensi merusak kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Minuman bersoda juga memiliki kecenderungan tinggi akan kafein. Kafein sendiri bersifat sebagai dehidrator, atau mampu menyebabkan pengeluaran air dari tubuh yang lebih banyak.

Ketika tidak dibarengi dengan asupan minum air putih yang cukup, kulit akan menjadi kering. Kulit kering adalah awal mula kulit kusam.

Artikel Lainnya: Manfaat dan Bahaya Minuman Bersoda bagi Kesehatan Tubuh Anda

6. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji tidak diragukan lagi merupakan makanan yang buruk untuk kulit. Selain tinggi akan kandungan karbohidrat, makanan siap saji juga tinggi akan lemak jenuh. Lemak jenuh ini memicu timbulnya flek-flek dan jerawat pada kulit.

Selain buruk untuk kulit, makanan ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Tingginya kadar lemak serta garam di dalamnya memberikan risiko tinggi munculnya penyakit jantung. Karena itu, hindarilah makanan yang membuat kulit kusam ini.

4 dari 6 halaman

7. Margarin

Makanan penyebab kulit kusam lainnya adalah margarin. Margarin kaya akan kandungan lemak. Lemak memang penting untuk mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit. Namun, tidak semua lemak sama sehatnya.

Asam lemak trans yang sering ditemukan dalam margarin akan mengurangi kandungan air dalam kulit sehingga kulit tampak keriput. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi margarin secara berlebihan demi mewujudkan kulit yang berseri.

Artikel Lainnya: Mengenal Saffron, Bahan Mahal Kaya Manfaat untuk Kecantikan Kulit

8. Roti Putih dan Nasi Putih

Roti putih dan nasi putih termasuk makanan yang membuat kulit kusam sekaligus cepat meningkatkan gula darah. Selanjutnya, ini akan meningkatkan hormon yang memproduksi minyak kulit sehingga memicu timbulnya jerawat.

Sumber karbohidrat seperti nasi merah dan roti gandum lebih disarankan untuk kulit yang lebih berseri dan sehat.

5 dari 6 halaman

9. Kopi dan Teh

Minum kopi dan teh sah-sah saja. Namun, kalau mengonsumsinya secara berlebihan, Anda bisa merasakan efek samping kafein terhadap kesehatan kulit Anda.

Kafein, seperti yang dijelaskan di atas, berkaitan dengan risiko kulit yang lebih kering. Hati-hati, kulit kering rentan tidak bercahaya dan kusam.

10. Daging yang Terproses

Terakhir, makanan yang membuat kulit kusam adalah daging yang terproses. Makanan yang tergolong dalam kelompok ini adalah olahan daging seperti kornet, sosis, dan daging asap (smoked beef).

Olahan daging seperti ini relatif kurang sehat dibandingkan daging asli karena mengandung garam dalam kadar yang tinggi. Selain itu, makanan ini tinggi akan nitrat. Studi menemukan bahwa nitrat berpotensi merusak kolagen. Saat kolagen rusak, kulit cenderung kusam.

Demikian daftar makanan yang membuat kulit kusam. Sebaiknya jenis-jenis makanan di atas tidak dikonsumsi terlalu berlebihan, demi mewujudkan kondisi kulit yang sehat dan berseri.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang relatif lebih sehat untuk kulit Anda. Misalnya alpukat, ikan berlemak seperti salmon, biji-bijian, brokoli, ubi jalar yang berwarna oranye, dan lain-lain.

Baca artikel-artikel kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter langsung melalui fitur Live Chat.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar