Sukses

5 Penyebab Timbulnya Selulit

Selulit akan membuat penderitanya memiliki kulit bergaris-garis, bagaikan digaruk dengan cakar. Sebenarnya, apa yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi ini?

Selulit adalah salah satu masalah yang sering merisaukan kaum wanita. Guratan putih menyerupai garukan ini memang bisa mengganggu penampilan. Sebenarnya, apa penyebabnya?

Selulit merupakan timbunan lemak yang berada di bawah lapisan kulit. Timbunan ini terlihat seperti garis-garis pecah (kulit jeruk) di bagian paha, perut, bokong, dan lengan. Selulit memutus ikatan antara elastin dan kolagen pada kulit, sehingga membuat kulit tampak rusak.

Hampir 90% kasus selulit dialami oleh wanita dewasa. Penyebab selulit sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun beberapa teori menjelaskan bahwa kondisi ini dapat disebabkan oleh:

  1.  Hormon

Hormon estrogen, insulin, noradrenalin, tiroid dan prolactin dipercaya memegang peranan penting dalam proses terbentuknya selulit.

  1. Faktor genetik

Beberapa faktor genetik yang berperan dalam terbentuknya selulit adalah jenis kelamin, ras, metabolisme, distribusi lemak bawah kulit dan insufisiensi sirkulasi (sirkulasi yang terhambat). Pertambahan usia menyebabkan produksi estrogen berkurang. Ini menyebabkan kolagen dalam kulit menjadi sedikit dan aliran darah pada kulit pun ikut terganggu.

  1. Diet

Orang yang mengonsumsi terlalu banyak lemak, karbohidrat, dan garam, serta sedikit serat lebih berisiko mengalami selulit. Orang yang obesitas atau kelebihan berat badan juga demikian.

  1. Gaya hidup

Selulit banyak terjadi pada mereka yang merokok, yang jarang berlolahraga dan mereka yang duduk atau berdiri pada satu posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama.

  1. Pakaian

Pakaian dalam yang terlalu ketat di daerah bokong akan menghambat aliran darah, sehingga memicu timbulnya selulit.

Selulit masih sangat sulit untuk dihilangkan. Pengobatan menggunakan krim, injeksi, sedot lemak, laser dan tindakan medis lainnya hanya membantu memperbaiki keadaan kulit dari luarnya saja.

Pengobatan tersebut hanya membuat selulit tampak memudar dalam beberapa waktu. Tidak menghilangkannya secara keseluruhan.

Kabar baiknya, selulit adalah kondisi yang bisa Anda cegah. Caranya dengan mengonsumsi makan sehat, seperti buah-buahan, sayuran dan serat secara teratur.

Selain itu, Anda juga harus berolahraga secara rutin, menjaga berat badan tetapi ideal dan menghindari stres. Mudah, bukan? Yuk, cegah selulit agar tidak mengganggu penampilan kulit.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar