Sukses

Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Payudara

Payudara bukan semata organ untuk menyusui. Kesehatan payudara Anda sama pentingnya dengan kesehatan bagian tubuh lainnya.

Payudara merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk kaum wanita. Payudara terdiri atas jaringan lemak dan kelenjar susu. Jumlah lemak yang berbeda-beda menentukan ukuran payudara setiap wanita. Payudara meningkatkan kepuasan seksual dan juga menutrisi bayi melalui produksi ASI. Namun payudara dapat berubah sejalan dengan waktu.

Kesehatan payudara juga sama pentingnya dengan kesehatan bagian tubuh lainnya. Nah, berikut adalah hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan untuk menjaga payudara Anda tetap sehat dan kencang:

  1. Botox

Botox merupakan cairan yang digunakan untuk memperkencang tampilan payudara. Cairan ini disuntikkan ke otot dada. Namun, beberapa peneliti mengatakan bahwa botox tidak terbukti khasiatnya dalam mengencangkan payudara.

  1. Waxing rambut di sekitar puting

Bagi Anda yang suka melakukan waxing nipple hair di salon, ternyata waxing di bagian puting dapat menyebabkan iritasi hingga infeksi serius. Tindakan ini dapat menyebabkan rasa sakit hebat seperti terbakar. Hal ini akan sangat menyakitkan karena puting merupakan daerah yang sangat sensitif.

  1. Berlari dengan menggunakan beha yang tidak sesuai

Berlari dengan menggunakan beha yang tidak mampu menopang payudara berakibat kerusakan jaringan ikat di dada Anda, sehingga dapat menyebabkan payudara turun. Gunakan beha khusus ketika Anda berlari. Selain itu, pilih beha yang memiliki cup terpisah yang menopang payudara lebih baik dibandingkan sports bra yang tidak memiliki cup terpisah.

  1. Piercing di puting

Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya abses (terbentuknya daerah berisi nanah yang terinfeksi). Piercing juga dapat merusak saluran penghasil ASI, yang akan menjadi masalah jika Anda akan menyusui nantinya. Beberapa wanita alergi terhadap bahan metal yang ada pada cincin piercing, yang dapat menyebabkan alergi yang cukup parah. Dan bila tempat melakukan piercing tidak diketahui jelas kebersihan dan kesterilan alat-alatnya, Anda dapat tertular berbagai penyakit seperti hepatitis B, hepatitis C, bahkan HIV.

  1. Merokok dan konsumsi alkohol berlebih

Peneliti membuktikan bahwa wanita yang merokok memiliki risiko terkena kanker payudara 28% lebih tinggi dibandingkan yang tidak merokok. Bahan-bahan kimia yang terkandung di rokok juga merusak protein yang menjaga payudara tetap kencang dan tampak sehat. Alkohol juga diketahui dapat merusak kolagen di daerah payudara, sehingga membuat payudara kendur atau turun.

6. Postur tubuh yang buruk

Postur yang buruk akan mempengaruhi punggung dan juga payudara Anda. Postur tubuh yang buruk membuat payudara berada dalam posisi yang tidak natural. Dan jika ini terjadi dalam durasi yang lama maka akan membuat payudara kendur. Jadi usahakan postur tubuh Anda tetap tegak ketika duduk ataupun berdiri.

7. Kurang olahraga

Kurang olahraga dapat menyababkan payudara kehilangan bentuk yang ideal. Tetapi, olahraga yang cukup juga harus didukung penggunaan sports bra yang sesuai untuk menopang payudara Anda.

8. Ukuran beha yang tidak sesuai

Beha yang tidak sesuai ukuran atau terlalu besar akan membuat kulit payudara menjadi stres. Ukuran beha yang kekecilan juga membuat payudara terlalu tertekan. Gunakan beha yang sesuai ukuran dan pas di tubuh Anda, karena dapat mengurangi risiko sagging breast. Jangan meremehkan kekuatan beha, masalah payudara dapat diatasi hanya dengan menggunakan ukuran beha yang sesuai.

9. Diet ketat

Diet ketat dapat mempengaruhi nutrisi payudara Anda. Jaringan payudara akan menjadi kendur, sehingga payudara Anda akan terlihat turun atau tidak kencang. 

Baca Juga:

1 Komentar