Sukses

Bentuk Vagina Bisa Dilihat dari Bentuk Bibir?

Ada anggapan yang mengatakan bahwa bentuk vagina bisa dilihat dari bentuk bibir. Apakah hal tersebut benar atau hanya mitos belaka, ya?

Vagina merupakan saluran berbentuk tabung yang menghubungkan rahim dengan anggota luar tubuh, yaitu vulva. Karena elastis, vagina mudah meregang saat terjadi penetrasi oleh penis ataupun saat proses persalinan.

Setiap wanita memiliki bentuk, ukuran, dan warna vagina yang berbeda-beda. Terkait dengan hal tersebut, ada mitos beredar yang mengatakan bahwa bentuk vagina ini dapat diterka dengan melihat bentuk bibir sang wanita. Benarkah demikian?

1 dari 3 halaman

Bagaimana Faktanya?

Jika memang bentuk vagina sangat bervariasi, bagaimana mengenai korelasi antara bentuk bibir dan bentuk vagina? Ternyata, keduanya tidak berhubungan sama sekali. Anggapan ini sebatas mitos belaka.

Sepertinya, mitos ini beredar karena konsep ‘bibir’ pada kedua bagian tubuh ini. Konsep ‘bibir’ pada bibir pada mulut dan bibir vagina bentuknya disusun oleh sepasang bibir atas dan bawah, serta kanan dan kiri.

Meskipun demikian, struktur anatomi vagina sangatlah berbeda dengan bibir pada mulut. Vagina tersusun dari labia mayora dan minora yang bisa sangat bervariasi, baik panjang atau pendek, menggantung atau menempel, maupun tebal atau tipis.

Artikel Lainnya: 10 Fakta Menarik tentang Vagina

Perbedaan bentuk vagina dipengaruhi oleh berbagai hal, di antaranya ras dan genetik, usia, hormon, dan sebagainya.

Perlu diketahui juga, ukuran vagina akan sedikit membesar saat seorang wanita terangsang atau saat terjadi penetrasi. Di samping itu, semakin bertambah usia, maka elastisitas vagina akan semakin berkurang.

Mitos lainnya mengatakan bahwa bentuk bibir berkaitan dengan kemampuan wanita untuk mencapai orgasme. Namun, pernyataan tersebut masih belum memiliki penelitian yang mendukung.

Saat menopause, vagina juga akan menjadi lebih kering sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman saat berhubungan seksual.

Nah, untuk memperkuat otot vagina, Anda dapat melakukan senam Kegel. Senam Kegel sebenarnya dianjurkan bagi semua wanita, terutama wanita yang baru saja melahirkan. Selain itu, senam Kegel juga dikatakan dapat meningkatkan performa seksual.

2 dari 3 halaman

Bentuk-Bentuk Vagina yang Perlu Diketahui

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pendergrass menggunakan vinyl polysiloxane, panjang vagina berkisar antara 6,86-14,8 cm dan lebar  4,8-6,3 cm. Sementara, rata-rata panjang vagina adalah 8 cm.

Artikel Lainnya: Variasi Bentuk Vagina yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Penelitian pada tahun 1996 yang melibatkan 39 wanita tersebut menyimpulkan bahwa terdapat lima bentuk vagina. Ada yang kedua sisinya paralel, ada yang berbentuk kerucut. Bahkan ada juga yang berbentuk seperti hati, biji labu, dan siput.

Setiap wanita memang memiliki bentuk dan ukuran labia (bibir vagina luar) yang berbeda. Namun secara umum, ada macam-macam bentuk vagina yang perlu para wanita ketahui, di antaranya:

  • Bibir vagina asimetris: salah satu bentuk bibir vagina bagian dalam bisa berukuran lebih panjang, tebal, atau lebih besar dari yang lainnya.
  • Bibir vagina menonjol: bibir vagina dalam terlihat lebih dominan karena berukuran lebih panjang dari bibir vagina bagian luar.
  • Bibir vagina luar melengkung: bentuk bibir vagina dalam memiliki bentuk yang sedikit terbuka.
  • Bibir vagina dalam menjuntai: pada kondisi ini, bibir vagina dalam berukuran panjang menjuntai sehingga bisa sampai bergesekan dengan celana dalam.
  • Bibir vagina luar menonjol: bentuk bibir vagina bagian luar menonjol dan agak tampak mengerucut ke bawah.
  • Bibir vagina vagina luar lebih panjang: bentuk bibir luar vagina bisa saja menonjol, berukuran lebih besar, atau tampak tipis dan kendur.
  • Bibir vagina luar berukuran kecil: pada kondisi ini, bentuk bibir vagina bagian dalam datar dan tampak melekat di tulang pubis.
  • Bibir vagina dalam lebih terbuka: bentuk bibir vagina bagian dalam tampak terbuka dan tidak terlihat jelas.
  • Bibir vagina luar tampak menutup: bibir vagina luar menutupi bagian dalam sepenuhnya.

Dapat disimpulkan bahwa anggapan bentuk vagina seorang wanita dapat dinilai dari bentuk bibirnya adalah mitos. Hal ini sama dengan mitos bahwa ukuran penis seorang pria dapat dinilai dari ukuran jempol kakinya, tidak benar dan tidak berdasar.

Punya pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya? Jangan ragu untuk menanyakan kepada dokter agar memperoleh informasi faktual. Anda dapat memanfaatkan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

1 Komentar

  • Dad******dry Sihombing

    Apakah berita ini bermanfaat ?? Apakah ini sesuai prosedur dunia kesehatan ?? Apakah tak ada yang lebih bagus dan menarik untuk dipublikasikan.