Sukses

Peran Pemerintah dalam Program Dokter Layanan Primer (DLP)

Kesuksesan yang diharapkan dari program Dokter Layanan Primer adalah mampu mengatasi masalah kesehatan di pelosok-pelosok Negeri, serta memantapkan perannya sebagai garis depan kesehatan masyarakat.

Sebuah negara maju dapat dilihat dari kualitas kesehatan warga negaranya. Hal ini menjadi fokus penting, karena kesehatan yang baik akan berdampak pada kemampuan warganya. Sebagai negara berkembang dan negara dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia, Indonesia masih memiliki masalah pemerataan kesehatan pada warga negaranya.

Setelah 71 tahun Negara ini berdiri, sistem pelayanan kesehatan baru mulai menjadi tantangan tersendiri dalam beberapa dekade terakhir. Pemerataan hak untuk menjadi sehat hingga hak akses kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan menjadi prioritas pemerintah untuk mewujudkan program perkembangan kesehatan negeri. Asuransi kesehatan diharapkan menjadi jawaban dari masalah ini.

Selain faktor pembiayaan, sumber daya manusia yang mumpuni diharapkan juga dapat merata ke seluruh Indonesia. Pada akhirnya, Dokter Layanan Primer (DLP) diharapkan menjadi jawaban masalah-masalah tersebut.

Sebagai pemangku kebijakan, Pemerintah berkoordinasi dengan penyelenggara pendidikan tenaga kesehatan, dalam hal ini pendidikan kedokteran umum. Harapan yang ingin diwujudkan oleh pemerintah adalah seorang dokter layanan primer yang mampu menyediakan pelayanan kesehatan merata dan menyeluruh.

Pada tahun 2019, pelayanan kesehatan primer dapat dipegang oleh Dokter Layanan Primer. Bukan menjadi tanggung jawab seorang dokter umum, seperti yang terjadi saat ini.

Dokter layanan primer adalah dokter setara spesialis yang telah menjalankan program pendidikan pascasarjana. Belum adanya standar kompetensi yang jelas memberikan hambatan tersendiri bagi program ini. Sedangkan negara rujukan yang dianggap mempunyai pelayanan primer berkualitas sudah mempunyai acuan kompetensi dan evaluasi akan program terkait.

Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan menjadi perwakilan penting dalam menyukseskan program Dokter Layanan Primer ini. Kementerian kesehatan dengan program asuransi dan penempatan dokter pelayanan primernya, dibantu Kementerian Pendidikan dalam menyiapkan SDM dokter layanan primer yang berkualitas.

Kesuksesan yang diharapkan dari program Dokter Layanan Primer adalah mampu mengatasi masalah kesehatan di pelosok-pelosok Negeri, serta memantapkan perannya sebagai garis depan kesehatan masyarakat. Hal ini dikarenakan kemampuan kompetensi seorang Dokter Layanan Primer diharapkan lebih baik dibandingkan dengan dokter umum yang ada saat ini.

Mengingat pentingnya program Dokter Layanan Primer (DLP), semoga pemerintah dapat berkomitmen penuh dalam segala prosesnya sehingga perkembangan kesehatan yang optimal pada Negeri ini dapat terwujud.

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar