HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMana yang Lebih Sehat, Kacang Panggang atau Kacang Goreng?
Diet dan Nutrisi

Mana yang Lebih Sehat, Kacang Panggang atau Kacang Goreng?

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 11 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kacang umumnya diolah dengan cara panggang dan goreng. Di antara kacang panggang dan kacang goreng, mana yang tidak menyebabkan kegemukan?

Mana yang Lebih Sehat, Kacang Panggang atau Kacang Goreng?

Kacang adalah tumbuhan dengan segudang manfaat. Meskipun ukurannya kecil, keluarga polong-polongan ini kaya akan makronutrien dan mikronutrien.

Karena itu, sayang sekali jika kamu tidak menyertakan kacang ke dalam asupan makanan harian. Nah, untuk dikonsumsi, kacang bisa diolah dengan cara dipanggang atau digoreng. Proses pengolahan ini bisa berdampak pada kesehatan.

Banyak yang meyakini kalori kacang goreng meningkat drastis sehingga bisa memicu kegemukan. Benarkah konsumsi kacang bisa bikin kamu gemuk? Manakah yang lebih sehat dikonsumsi, kacang goreng atau kacang panggang? 

Mengulik Fakta Kacang Penyebab Kegemukan

Kacang mengandung protein dan serat dalam jumlah banyak. Selain itu, tumbuhan ini juga mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan, seperti tokoferol, fitoesterol, dan komponen fenolik.

Kacang juga mengandung banyak lemak dan karbohidrat. Hal ini mungkin yang membuat sebagian orang enggan makan kacang. 

Meski begitu, perlu diketahui jenis lemak dalam kacang pada dasarnya bermanfaat untuk menunjang kesehatan. 

Hampir setengah dari kandungan lemak total dalam kacang adalah lemak tidak jenuh, salah satunya monounsaturated fatty acids. Kacang juga mengandung lemak jenuh dalam jumlah sedikit, sekitar 4-16 persen. 

Studi epidemiologis hingga uji klinis menyimpulkan bahwa kacang tidak menyebabkan kegemukan atau obesitas. Polong-polongan ini justru dapat membantu menurunkan berat badan. 

Manfaat tersebut bisa diperoleh apabila kacang dikonsumsi sebagai pengganti sumber lemak harian. Dengan kata lain, kamu harus menghindari daging merah, masakan bersantan, atau gorengan jika ingin memperoleh manfaat kacang dalam menurunkan berat badan.

Kesimpulannya, efek makan kacang tidak menyebabkan kegemukan. Opini bahwa kacang menambah berat badan perlu direvisi. Kacang justru bermanfaat mencegah obesitas bila dikonsumsi dengan tepat. 

Artikel Lainnya: Manfaat Kacang Arab bagi Kesehatan Anda

Beda Kandungan Kacang Panggang dan Kacang Goreng

Sekarang kamu sudah tahu bahwa kacang mentah tidak terbukti menyebabkan kegemukan. Lalu, bagaimana dengan olahan kacang yang dipanggang atau digoreng?

Kacang panggang memiliki kandungan lemak, karbohidrat dan protein yang tidak jauh berbeda dengan kacang mentah. Kendati demikian, kacang panggang memiliki kandungan lemak dan kalori sedikit lebih banyak.

Sebanyak 28 gram kacang almond mentah mengandung 161 kalori, dan 14 gram lemak. Sementara itu, kacang almond panggang dengan jumlah setara mengandung 167 kalori dan 15 gram lemak.

Bagaimana dengan kacang goreng? Apakah lebih baik? Tidak juga. Kandungan lemak di dalam kacang goreng justru meningkat cukup banyak. 

Satu porsi kacang goreng bisa mengandung 21 gram lemak. Lalu,  kacang goreng mengandung berapa kalori? Kalori di dalam seporsi kacang goreng berkisar 200 kalori.

Selain lemak dan kalori, kamu juga patut waspada dengan tingginya kadar garam pada kacang panggang maupun kacang goreng. Soalnya, konsumsi makanan tinggi garam dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi alias hipertensi

Selain itu, suhu tinggi dan pengolahan yang terlalu lama juga dapat merusak kandungan lemak baik dalam kacang. Asam lemak tidak jenuh yang terpapar suhu tinggi dalam waktu lama juga bisa teroksidasi.

Artikel Lainnya: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Konsumsi Kacang?

Konsumsi Kacang Tetap Harus Dibatasi

Kacang bisa bermanfaat untuk menjaga berat badan asalkan dikonsumsi dengan bijak. Meskipun kacang mentah tidak menyebabkan kegemukan, konsumsi kacang berlebihan dapat meningkatkan risiko sejumlah masalah kesehatan.

Batas konsumsi kacang yang direkomendasikan sendiri adalah sekitar 28 gram pada beberapa hari dalam sepekan alias tidak dikonsumsi setiap hari. 

Selain itu, perhatikan pula cara mengolah kacang. Hindari penggunaan suhu terlampau tinggi dan durasi masak yang terlalu lama, karena berpotensi merusak kandungan gizi di dalamnya.

Kemudian, perhatikan pula jenis kacangnya. Kacang yang cukup baik untuk kesehatan adalah kacang tanah, kacang mete, pistachio, almond dan walnut. 

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat kacang secara optimal, konsumsilah yang masih mentah tanpa ditambah garam atau bumbu lainnya. Tentunya, kamu harus mencuci kacang menggunakan air mengalir terlebih dahulu agar menghilangkan kotoran yang menempel.

Kandungan lemak dan kalori kacang goreng maupun kacang panggang cukup tinggi. Karena itu, konsumsi olahan kacang ini tetap harus dibatasi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Terutama, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan maupun mempertahankan berat badan ideal.

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui jenis makanan yang baik dalam menjaga berat badan. Kamu juga bisa berkonsultasi secara langsung melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter

(ADT/JKT)

Berat BadanKacang

Konsultasi Dokter Terkait