Sukses

Makan Telur Bisa Bikin Bisulan?

Konon, telur dapat menyebabkan bisul atau jerawat. Anda percaya? Cari tahu kebenarannya di sini.

Telur. Si lonjong yang umumnya berkulit cokelat ini merupakan bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau dan mudah didapatkan, telur juga kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Telur adalah bahan makanan yang umumnya berasal dari unggas, ikan dan lainnya.  Jenis telur yang paling terkenal di Indonesia adalah telur ayam. Telur jenis ini mengandung protein, karbohidrat, vitamin K, A, C dan B, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sayangnya, banyak yang beranggapan bahwa telur bisa menyebabkan bisul atau jerawat. Ini sama sekali tidak benar. Pasalnya, bisul atau jerawat merupakan peradangan akibat infeksi bakteri. Jadi tidak ada hubungannya dengan konsumsi telur.

Meski demikian, pada beberapa orang yang memiliki kecenderungan alergi terhadap telur, konsumsi telur memang dapat mencetuskan reaksi di tubuh. Reaksi yang timbul biasanya adalah ruam dan kemerahan, bengkak di sekitar bibir, hingga sesak napas.

Bila rekasi alergi muncul di sekitar muka, ruam tersebut dapat disertai dengan bintik-bintik yang timbul di permukaan, menyerupai jerawat. Bintik-bintik inilah yang sering disalahartikan dengan jerawat atau bisul. Tapi ingat, ini hanya terjadi pada mereka yang memiliki kecenderungan alergi terhadap telur.

Selain itu, kandungan hormon di dalam telur juga terkadang dapat membuat kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Ini karena ayam petelur yang dikembangbiakkan secara konvensional umumnya diberi suntikan hormon untuk menjaganya tetap sehat dan aktif menghasilkan telur.

Nah, hormon dari ayam ini dapat terbawa ke telurnya. Akibatnya, bila dikonsumsi secara berlebihan dapat memengaruhi hormon orang yang mengonsumsinya, termasuk hormon yang mengatur produksi minyak.

Apabila tidak diimbangi dengan rajin membersihkan wajah, sisa minyak tersebut akan menumpuk. Hal ini dapat menutup pori-pori dan mudah terinfeksi bakteri, sehingga timbulah bisul. Namun bila wajah tetap dibersihkan secara rutin, tentu tidak akan ada masalah yang berarti.

Sekarang Anda sudah tahu kebenarannya. Masih ragu mengonsumsi telur? Ingat, selama tidak ada kecenderungan alergi, konsumsi telur akan banyak memberikan manfaat bagi kesehatan.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar