Sukses

Hubungan Antara Kenaikan Gaji Suami dan Kebahagiaan Istri

Gaji Anda ternyata berhubungan dengan kebahagiaan istri Anda, lho! Mau tahu apa hubungannya? Baca artikel ini.

Ungkapan “Tidak bisa makan dengan cinta” mungkin ada benarnya. Sebab tidak ada satu orang pun yang dapat bertahan hidup tanpa uang untuk membeli makanan. Bahkan, di bidang ekonomi, kebahagiaan dihubungkan dengan jumlah pendapatan. Studi pertama yang mempelajari hubungan tersebut dilakukan oleh Profesor Richard Easterlin pada tahun 1974.

Memang, jika dilihat secara umum, jumlah pendapatan seseorang berhubungan secara positif dengan kebahagiaan orang tersebut. Bahkan, jumlah pendapatan yang relatif (dibandingkan dengan orang lain atau masyarakat) juga berhubungan positif dengan kebahagiaan. Contohnya, seseorang yang berada di antara grup orang yang lebih kaya akan merasa kurang bahagia walaupun sebenarnya dia sudah cukup kaya.

Dari sudut pandang berbeda, kebahagiaan Anda juga dapat dipengaruhi oleh orang lain yaitu pasangan. Anda akan lebih bahagia apabila pasangan Anda juga sedang bahagia. Perbedaan kebahagiaan antar pasangan bisa dijadikan indikator terjadinya perceraian pada masa depan.

Pada tahun 2015, Kitae Sohn, asisten profesor Ekonomi dari Universitas Konkuk, Seoul, Korea Selatan, mempelajari kehidupan keluarga di Indonesia. Studi yang ia lakukan menganalisa hasil Indonesia Family Life Survey. Survei tersebut dilakukan pada lebih dari 22.000 orang pada 7.224 rumah tangga.

Studi Sohn menemukan bahwa kebahagiaan istri bisa meningkat secara signifikan karena kenaikan gaji suami. Secara spesifik, kenaikan gaji suami 100% membuat kebahagiaan istri naik 0.72%. Hal ini signifikan karena sebanyak 11% yang memberikan respons tersebut. Hubungan ini sangat kuat pada kelompok orangtua dan miskin, tetapi berpendidikan.

Bagi para istri, pendapatan suami terasa seperti pendapatan mereka sendiri. Hal inilah yang mungkin membuat istri bahagia dengan meningkatnya penghasilan suami.  

Selain kenaikan gaji, Sohn menemukan bahwa kesehatan suami juga berhubungan dengan kebahagiaan istri. Suami yang sehat membuat kebahagiaan istri naik sebanyak 4% atau sekitar 60% yang mengatakan sangat bahagia.

Kebahagiaan istri Anda ternyata dapat dipengaruhi oleh diri Anda. Terutama kenaikan gaji dan tubuh Anda yang sehat.

[RS/RH]

Baca Juga:

1 Komentar