Sukses

Buku Pintar yang Wajib Dibaca Calon Ayah

Keterlibatan ayah dalam merawat si Kecil terbukti meningkatkan kecerdasan anak. Bekali diri Anda dengan membaca buku-buku berikut ini.

Kehadiran buah hati selalu menjadi hal yang dinantikan oleh mereka yang baru mulai berumah tangga. Tidak hanya ibu, ayah juga melakoni peran yang tidak kalah pentingnya. Mulai dari mendampingi ibu melalui proses kehamilan dan persalinan, hingga merawat si Kecil.

Agar dapat menjadi ayah yang terampil dalam mendampingi proses kehamilan hingga merawat si Kecil yang baru lahir, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan yang cukup. Tidak perlu kurus, Anda dapat mempelajari hal-hal tersebut dari buku yang dijual bebas di pasaran.

Nah, berikut beberapa pilihan buku pintar yang sebaiknya dibaca oleh calon ayah:

  1. Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun oleh TigaGenerasi

Sesuai judulnya, buku ini membantu calon orangtua untuk tidak panik dalam mengasuh anak.  Buku ini dibagi menjadi beberapa bagian sesuai usia bayi, yaitu bayi 0-6 bulan, 6-12 bulan, 12-18 bulan, 18-24 bulan, dan 24-36 bulan.

Sang penulis membahas tiap tahapan usia berdasarkan proses tumbuh kembang yang akan terjadi, cara pengasuhan, dan masalah psikologis yang mungkin dihadapi. Kasus yang disajikan pun sangat sering dijumpai dalam kehidupan mengurus anak.

Misalnya, bagaimana menghadapi anak tantrum (ngamuk) atau bila anak sakit. Dengan demikian, orangtua tahu betul apa yang harus berindak seperti apa untuk menghadapi situasi tersebut.

  1. Ensiklopedia Kehamilan & Kelahiran oleh Miriam Stoppard

Jika Anda belum punya pengalaman sama sekali mengenai kehamilan dan kelahiran anak, pasti tak terbayang kejutan apa yang akan terjadi dari hari ke hari. Nah, ini adalah buku ini sangat tepat untuk dibaca.

Buku setebal 375 halaman ini memuat informasi yang sangat terperinci mengenai persiapan kehamilan, proses kehamilan, dan persalinan. Selain itu juga terdapat banyak tip mengenai apa yang harus dilakukan setelah si Kecil lahir.

Meskipun terlihat tebal, sang penulis mengemasnya dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Anda juga akan dimanjakan dengan banyak gambar, foto, maupun ilustrasi yang menarik.

  1. A-Z Perawatan Bayi oleh Fransisca Handy

Nama dr. Fransisca Handy, SpA banyak direkomendasikan oleh kalangan ibu muda yang aktif di media sosial. Ini karena dr. Fransisca dikenal sebagai dokter yang sangat peduli terhadap tumbuh kembang anak.

Melalui buku A-Z Perawatan Bayi, dr. Fransisca menceritakan dengan bahasa yang mudah dimengerti mengenai pemeriksaan saat hamil, cara memilih rumah sakit, apa yang perlu dilakukan saat bayi lahir, dan cara menyusui. Juga ada tip megenai cara menyiapkan MPASI dan serta pemantauan tumbuh kembang bayi.

Dengan membaca buku ini, Anda sebagai calon ayah akan mendapatkan bekal ilmu yang cukup. Anda pun bisa menjadi mitra pasangan Anda dalam membesarkan si buah hati.

Ingat, dukungan ayah terbukti menurunkan risiko ibu mengalami depresi setelah melahirkan. Sedangkan keterlibatan ayah dalam merawat si Kecil terbukti dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Karena itu, kehadiran anak tidak hanya harus disambut dengan rasa gembira, namun juga bekal pengetahuan yang cukup agar nantinya si kecil dapat tumbuh dengan baik dan benar. Mari membaca!

 (NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar