Sukses

Lawan Flu dengan Minyak Esensial

Selain dengan obat-obatan, ternyata flu juga bisa diatasi dengan minyak esensial.

Baru saja si bungsu sembuh dari batuk pileknya, kini giliran kakaknya yang ketularan. Bisa-bisa kedua orangtuanya ketularan flu juga.

Bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang flu –atau setidaknya, cepat sembuh jika sudah telanjur terkena flu? Minyak esensial bisa menjadi salah satu solusinya.

Telah Dipakai Sejak Zaman Kuno

Minyak esensial diperoleh dari ekstrak tumbuhan. Sejak zaman kuno telah dgunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari aromaterapi, pijat, hingga kesehatan.

Tidak hanya itu, manfaat minyak esensial dalam melawan berbagai kuman penyakit –seperti bakteri, jamur, dan virus, telah diketahui sejak ratusan tahun yang lalu. Termasuk kemampuannya melawan virus penyebab flu.

Tanaman Ajaib

Minyak esensial yang diperoleh dari tanaman frankincense, echinacea, agrimony, dan tea tree telah diteliti memiliki mekanisme antiradang dan dapat melawan infeksi virus. Selain itu, zat catechins yang terkandung di dalam teh hijau juga memiliki efek antivirus.

Tanaman lemon balm, hyssop, thyme, dan jahe bahkan diketahui telah teruji dapat membantu mengatasi infeksi virus herpes simpleks. Sementara itu virus flu dapat ditekan dengan penggunaan minyak esensial yang merupakan campuran dari kulit jeruk, cengkeh, kayu manis, daun eucalyptus, dan daun rosemary.

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal pada bulan November 2010 lalu, campuran minyak esensial tersebut dapat menekan virus sebesar 40% jika dilarutkan dalam air dengan perbandingan 1:6000. Kemampuannya menekan virus meningkat menjadi 90% jika pengencerannya dikurangi menjadi 1:4000.

Jadi, jika mengalami flu yang belum berat, Anda bisa mencoba menggunakan minyak esensial untuk pengobatan flu yang lebih alami. Namun demikian, jika gejala semakin berat, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar