Sukses

4 Dosa Sebelum Tidur Perusak Kulit

Banyak ‘dosa’ yang Anda lakukan sebelum tidur –yang tanpa disadari dapat merusak kulit. Ingin tahu apa saja? Simak di sini.

Kulit merupakan bagian terluar tubuh manusia. Bagian tubuh ini tidak pernah beristirahat, sekalipun Anda sedang tertidur.

Bahkan saat tidur malam, kulit justru lebih aktif beregenerasi menggantikan sel-sel yang sudah mati. Terkadang, proses ini terganggu akibat ‘dosa’ yang Anda lakukan.

Jangan salah, yang dimaksud dosa dalam hal ini adalah kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur yang dapat mengganggu kulit beregenerasi dengan sempurna. Nah, berikut 4 di antaranya:

  1. Tidak membesihkan make up

Tidur dengan make up yang masih menempel di wajah akan membuat pori-pori wajah tersumbat. Sumbatan ini berpotensi menimbulkan jerawat, dan menghalangi pengeluaran minyak yang berfungsi melembapkan kulit.

Akibatnya, kulit jadi lebih mudah berjerawat. Tak hanya itu, tapi juga terlihat kering dan kusam.

  1. Membaca buku/menonton acara favorit

Membaca buku atau menonton acara favorit dapat membuat Anda penasaran akan kelanjutan kisahnya. Anda pun enggan untuk berhenti di tengah cerita.

Akibatnya, kebiasaan ini dapat mencuri waktu tidur Anda. Padahal tidur cukup, 7-8 jam sehari, sangat dibutuhkan untuk regenerasi dan peremajaan kulit.

  1. Mandi air panas

Mandi air hangat memang dapat memulihan pikiran dan tubuh dari kelelahan serta stres setelah seharian bekerja. Namun aturan ini tidak berlaku untuk kulit.

Suhu air yang ekstrem –terlalu dingin atau panas, dapat merusak kelembapan kulit, serta membuatnya kering dan kusam. Apalagi bila Anda tidur di kamar dengan pendingin udara (AC).

Untuk menghindari efek buruk tindakan tersebut, batasi waktu mandi Anda hanya 5 menit. Lalu gunakan pelembap segera setelah mandi.

  1. Menggunakan telepon

Bertukar kabar lewat telepon dengan kerabat atau saudara di malam hari merupakan hal yang menyenangkan. Tapi sebaiknya jangan lakukan dengan menempelkan telepon secara langsung ke wajah.

Pasalnya, kotoran dan kuman dapat dengan mudah berpindah dari telepon ke kulit wajah Anda. Membersihkan wajah dan penggunaan berbagai produk perawatan hanya akan membuat kotoran tersebut semakin melekat di kulit.

Tidak mau ‘kan perawatan Anda sia-sia hanya karena penggunaan telepon sebelum tidur? Siasati hal ini dengan penggunaan loudspeaker atau headset. Komunikasi tetap lancar, kulit pun bebas dari kuman.

Nah, mana dosa yang paling sering Anda lakukan? Jangan khawatir! Tidak ada kata terlambat untuk mulai menjaga dan merawat kulit, terutama di malam hari. Yuk, lakukan agar istirahat lebih optimal, kulit pun sehat terawat.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar