HomeGaya hidupDiet dan NutrisiBerjuta Manfaat Kedelai bagi Wanita
Diet dan Nutrisi

Berjuta Manfaat Kedelai bagi Wanita

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 01 Des 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kedelai, sumber makanan yang murah dan mudah didapat di Indonesia. Tak hanya nikmat, namun kedelai punya banyak manfaat –khususnya bagi wanita.

Berjuta Manfaat Kedelai bagi Wanita

Kedelai sangat mudah dijumpai dalam makanan sehari-hari. Makanan seperti tahu, tempe, miso, kembang tahu, dan susu kacang menggunakan kedelai sebagai bahan dasar.

Berbagai studi menyebutkan bahwa protein, vitamin, dan senyawa isoflavon yang terdapat dalam kedelai sangat bermanfaat bagi wanita. Berikut adalah lima khasiat kedelai bagi kesehatan wanita:

  • Meredakan gejala nyeri saat haid

Isoflavon yang terdapat dalam kedelai terbukti bermanfaat untuk meredakan nyeri hebat saat haid –terutama yang terjadi akibat penyakit endometriosis. Selain itu, gejala-gejala yang umumnya dirasakan menjelang menstruasi, seperti perut kembung, sakit kepala, berdebar-debar, juga dapat berkurang dengan mengonsumsi kedelai.

  • Meringankan gejala pasca menopause

Saat menopause, wanita mulai mengalami keluhan hot flushes, sulit tidur, vagina terasa kering, dan mudah emosi. Selain itu beberapa wanita juga mengeluhkan rasa tidak nyaman untuk berhubungan seksual.

Jurnal The JAMA Network (2016) menyatakan bahwa mengonsumsi kedelai secara rutin terbukti mengurangi keluhan pasca menopause. Beberapa ahli mengatakan, manfaat tersebut baru akan terasa jika susu kedelai dikonsumsi sebanyak 500 ml per hari setidaknya selama 2 bulan.

  • Menurunkan risiko kanker

Selama ini susu kedelai dianggap dapat memicu kanker pada wanita dan ternyata ini tidak terbukti. Berbagai studi justru membuktikan bahwa mengonsumsi kedelai secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. Pada wanita yang pernah mengalami kanker payudara pun, kedelai aman untuk dikonsumsi.

  • Menurunkan kolesterol

Fitoestrogen yang terdapat dalam kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ (kolesterol LDL) dalam tubuh. Beberapa studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi kedelai setidaknya 20 gram per hari mampu menurunkan kadar kolesterol LDL.

  • Mengurangi keriput

Kedelai mengandung aglycones yang bermanfaat dalam regenerasi sel-sel di kulit.  Sebuah studi di Jepang membuktikan bahwa mengonsumsi aglycones dari kedelai 40 mg sehari dapat mengurangi keriput pada wanita yang berusia sekitar 40 tahun.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, biasakan mengonsumsi kedelai demi tubuh yang lebih sehat.

[RS/RH]

Baca Juga:

  • Manfaat Ajaib Kedelai untuk Kecantikan Kulit
  • Untuk Manusia, Lebih Baik Susu Sapi atau Susu Kacang?
  • Kolesterol Turun dengan Kedelai

KedelaiWanitaKolesterol

Konsultasi Dokter Terkait