Sukses

Ingin Tetap Sehat Tinggal di Perkotaan? Perhatikan Ini!

Anda termasuk orang yang sangat ingin tinggal di daerah perkotaan? Sebaiknya perhatikan ini dahulu agar kesehatan tetap terjaga.

Saat ini semakin banyak orang yang berminat untuk tinggal di perkotaan. Wajar saja, sebab kota besar menjanjikan banyak hal menarik dan beragam aktivitas.

Anda salah satu yang berminat untuk menjadi warga kota besar? Jangan buru-buru memutuskan. Baca dulu artikel ini agar Anda tak salah langkah.

Perlu diketahui, perkotaan identik dengan keramaian, kesibukan, dan aktivitas yang padat. Hal-hal tersebut memang memberi banyak manfaat bagi kehidupan.

Tapi ada beberapa faktor terkait kesehatan yang harus Anda pertimbangkan. Anda juga harus memikirkan strategi yang perlu diterapkan agar kesehatan tetap terjaga. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Hindari polusi

Kota metropolitan umumnya identik dengan jalan raya besar yang seringkali dipenuhi oleh banyak kendaraan bermotor. Sebagian besar dari kendaraan tersebut mengeluarkan gas yang dapat terhirup oleh pejalan kaki yang ada di sekitarnya.

Terkadang, gas tersebut mengandung zat yang dapat berdampak buruk bagi saluran pernapasan. Untuk menghindarinya, ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan.

Salah satu cara yang paling mudah adalah penggunaan masker. Jika memungkinkan, sebaiknya hindari berjalan di dekat kendaraan bermotor dan menggunakan transportasi umum.

  1. Perhatikan waktu istirahat

Sebagian orang yang tinggal di kota besar umumnya memiliki aktivitas yang cukup padat. Tak jarang, kondisi ini membuat seseorang kekurangan waktu istirahat.

Ingat, manusia membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat menunjukkan performa yang maksimal dalam beraktivitas. Karena itu, beristirahatlah dengan tidur selama 7-8 jam setiap harinya agar Anda terbangun dengan segar keesokan harinya.

  1. Jadwal makan

Seiring dengan kesibukan dan jadwal yang padat, sebagian orang yang tinggal di perkotaan cenderung melupakan waktu untuk makan. Akibatnya tubuh kekurangan energi.

Tak hanya itu, kebiasaan tersebut juga memicu timbulnya gangguan kesehatan lain. Salah satu gangguan yang paling sering adalah nyeri perut.

Cara paling mudah untuk menghindarinya adalah dengan membawa bekal ke tempat kerja. Pastikan juga jadwal makan Anda teratur setiap harinya.

Tinggal di perkotaan memang merupakan suatu hal yang menarik, meskipun harus mempertimbangkan beberapa faktor terkait kesehatan. Anda bisa menggunakan strategi di atas agar tetap sehat.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar