Sukses

Ingin Tetap Sehat Tinggal di Perkotaan? Perhatikan Ini!

Tinggal di kota besar dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan. Perhatikan ini agar kesehatan Anda tetap terjaga.

Tinggal di kota besar masih menjadi hal yang diimpikan oleh banyak orang. Banyaknya lapangan pekerjaan, limpahnya fasilitas yang tersedia, serta sederet hal menarik lainnya yang membuat kota besar menjadi sangat menggiurkan bagi para pendatang. Tak heran, bila semakin banyak orang yang hidup di kota.

Meski hidup di kota besar terkesan seru dan menyenangkan, gaya hidup di kota yang cenderung tidak sehat memiliki dampak terhadap meningkatnya berbagai risiko kesehatan.

Sebut saja polusi udara, kurangnya istirahat akibat ditelan kesibukan, pola makan tidak sehat karena terbiasa dengan makanan cepat saji, dan berbagai hal lainnya yang dapat membuat seseorang hidup tidak sehat di kota ketimbang hidup di daerah.

Namun tenang dulu, Anda tak perlu buru-buru mengemas koper dan pergi meninggalkan kota. Ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk tetap hidup sehat di kota. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Berpikir Positif

Tips hidup sehat di kota yang utama adalah berpikiran positif. Kesehatan tak hanya melulu soal masalah fisik, kondisi psikis Anda pun perlu diperhatikan. Agar tidak stres saat menghadapi aktivitas sehari-hari, pikiran positif diperlukan untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Artikel Lainnya: Polusi Udara dan Kebisingan Lalu Lintas Picu Risiko Kardiometabolik

1 dari 4 halaman

2. Hindari Polusi

Kota besar umumnya identik dengan jalan raya besar yang sering kali dipenuhi kendaraan bermotor. Sebagian besar dari kendaraan tersebut mengeluarkan gas yang dapat terhirup oleh pejalan kaki yang ada di sekitarnya.

Gas tersebut mengandung zat yang dapat berdampak buruk terhadap saluran pernapasan. Ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk menghindarinya sehingga Anda tetap bisa hidup sehat di kota.

Salah satu cara yang paling mudah adalah menggunakan masker. Jika memungkinkan, sebaiknya hindari berjalan di dekat kendaraan bermotor dan gunakanlah transportasi umum.

3. Perhatikan Waktu Istirahat

Sebagian orang yang tinggal di kota besar umumnya memiliki aktivitas yang cukup padat. Tak jarang, kondisi ini membuat seseorang kekurangan waktu istirahat. Padahal, manusia memerlukan istirahat yang cukup untuk dapat lebih bugar, sehat, dan menunjukkan performa yang baik saat beraktivitas.

Karena itu, salah satu cara untuk hidup sehat di kota besar adalah istirahat cukup dengan tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Dengan begitu, Anda akan terbangun dengan segar keesokan harinya.

2 dari 4 halaman

4. Perhatikan Jadwal Makan

Seiring dengan kesibukan dan jadwal yang padat, sebagian orang yang tinggal di perkotaan cenderung melupakan waktu untuk makan. Akibatnya, tubuh kekurangan energi.

Artikel Lainnya: Mengapa Masyarakat Kota Lebih Rentan Terkena Diabetes?

Tak hanya itu, gaya hidup di kota yang menerapkan kebiasaan tersebut juga memicu timbulnya gangguan kesehatan lain, contohnya sakit perut.

Cara paling mudah untuk menghindarinya adalah dengan membawa bekal ke tempat kerja. Pastikan juga jadwal makan Anda selalu teratur setiap harinya.

5. Terapkan Pola Makan Sehat

Selain jadwal makan, Anda juga perlu memperhatikan pola makan Anda sehari-hari demi tetap hidup sehat di kota besar. Jadikanlah makan sehat sebagai gaya hidup di kota.  Pola makan sehat, di antaranya:

  • Mengonsumsi buah dan sayur dalam porsi cukup setiap hari.
  • Memenuhi kebutuhan air putih.
  • Menghindari konsumsi makanan cepat saji.
  • Menghindari makanan yang tinggi gula dan garam.
3 dari 4 halaman

6. Tetap Aktif

Salah satu faktor untuk mencapai hidup sehat di kota adalah dengan rajin berolahraga. Sebaiknya, Anda tetap melakukan olahraga setidaknya 3-5 kali setiap minggu selama 30 menit.

Dengan tetap aktif, tubuh akan tetap bugar. Selain itu, olahraga juga dapat memicu pengeluaran senyawa dopamin yang dapat membuat rasa tenang dan nyaman sehingga mendukung untuk menjaga kesehatan mental.

Hidup di kota memang sangat menarik sekaligus berisiko bagi kesehatan Anda bila tak dijalani dengan baik. Karena itu, penting untuk memperhatikan beberapa trik hidup sehat di kota yang telah dijelaskan.

Apabila memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, Anda dapat menanyakan langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar