Sukses

Ini Alasannya Wanita Lebih Susah Tidur Dibanding Pria

Wanita cenderung lebih susah tidur dibandingkan pria. Apa penyebabnya?

Tidur merupakan rutinitas harian yang tidak boleh ditinggalkan. Namun sayangnya, tidak setiap individu dapat melakukannya dengan baik. Khususnya kaum wanita.

National Sleep Foundation (NSF) menyatakan bahwa dua pertiga wanita mengalami masalah tidur setidaknya beberapa malam setiap minggu. Bahkan sebagian dari mereka merasa kurang segar keesokan harinya.

Cambridge University menambahkan bahwa hanya 39,6% wanita yang tidak mengalami masalah tidur atau insomnia. Apa yang membuat wanita lebih sering mengalami insomnia?

Insomnia adalah ketidakmampuan tubuh untuk tidur sesuai periode yang seharusya. Wanita yang mengalami masalah tidur umumnya berusia antara 30 hingga 60 tahun.

Waktu tidur rata-rata mereka adalah 6 jam di malam hari. Sedangkan waktu tidur yang optimal adalah 8 jam. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya, yaitu:

1.    Perubahan Hormon

Kadar estrogen dan progesteron yang berfluktuasi selama siklus menstruasi pada wanita diduga turut memengaruhi pola tidur. Seperti yang diungkapkan oleh Dianne Augelli, seorang ahli di Cornell Center for Sleep Medicine, New York-Presbyterian.

Pada New York Magazine, ia mengatakan bahwa estrogen bekerja pada beberapa jalur neurotransmitter yang mungkin berdampak pada regulasi tidur. Fluktuasi hormon ini mungkin memiliki efek pada ritme sirkadian (jam biologis pada manusia).

2.    Kehamilan dan Anak-Anak

Kehamilan membawa sejumlah alasan mengapa wanita lebih susah tidur, misalnya ketidaknyamanan fisik. Bahkan setelah anak-anak mulai tidur sepanjang malam, banyak wanita mengalami kesulitan tidur nyenyak seperti dulu.

3.    Menopause

Wanita yang akan dan telah mengalami menopause umumnya mengeluhkan keringat di malam hari, rasa panas di seluruh tubuh, serta mood swing. Kondisi ini menimbulkan gangguan tidur akibat rasa tidak nyaman yang terjadi.

4.    Stres, Kecemasan dan Depresi

Menurut penelitian, wanita cenderung rentan terhadap perasaan kesedihan dan kecemasan dibandingkan pria. Kondisi ini menyebabkan beban pikiran, yang akhirnya berdampak pada susah tidur.

Jika Anda adalah wanita yang mengalami gangguan tidur, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter mendapatkan pertolongan yang tepat. Bagaimanapun juga, kurang tidur dapat memengaruhi kondisi fisik serta mental Anda.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar