Sukses

Ingin Tahan Lebih Lama Seperti Atlet? Konsumsi Pisang!

Hampir semua kalangan menyukai pisang. Tak hanya lezat, buah ini juga memiliki manfaat untuk mereka yang gemar berolahraga, lho!

Anda pernah menyaksikan atlet atau olahragawan yang mengonsumsi pisang di sela-sela atau setelah latihan? Wajar saja, sebab buah yang satu ini memang sangat penting bagi atlet atau olahragawan.

Bukan saja karena rasanya yang nikmat. Tapi si kuning memiliki kandungan zat-zat penting dan sederet manfaat yang dibutuhkan para atlet untuk menunjang kegiatannya.

Berikut adalah kandungan pisang yang sangat bermanfaat bagi para atlet:

  1. Karbohidrat

Pisang menyediakan karbohidrat tinggi untuk tubuh. Ini membantu para atlet meningkatkan endurance (daya tahan) selama latihan.

Ketika beraktivitas, otot menggunakan glycogen sebagai bahan bakar. Konsumsi 1 pisang berukuran besar membantu memenuhi cadangan karbohidrat di dalam tubuh sekitar 31 gram.

  1. Potasium  

Potasium sangat penting untuk fungsi otot. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan kram dan rasa tidak nyaman di otot.

Selama latihan, tubuh kehilangan banyak potasium melalui keringat. Selain itu, latihan jangka panjang akan secara signifikan menurunkan tingkat potasium dalam tubuh atlet.

Pisang berukuran besar mengandung 487 mg potassium, atau 10% dari total rekomendasi konsumsi potasium harian. Mengonsumsi pisang sebelum latihan dimulai akan mencegah terjadinya kram saat latihan.

  1. Magnesium

Magnesium memiliki fungsi penting. Salah satunya untuk perkembangan tulang dan penyembuhan luka. Substansi ini juga membantu metabolisme tubuh, mengubah makanan menjadi energi.

Oleh karena itu, magnesium membantu meningkatkan dan mempertahankan endurance (daya tahan) selama olahraga. Caranya dengan membantu tubuh mengambil bahan bakar terbaik dari makanan.

Berapa banyak kandungan magnesium dalam pisang? Pisang ukuran besar mengandung 0,37 mg magnesium atau sekitar 21% dari total kebutuhan harian pada wanita dan 17% pada pria.

Jadi jika Anda ingin memiliki endurance (daya tahan) layaknya atlet, kosumsilah pisang 1 jam sebelum latihan. Jangan lupa juga untuk mengonsumsinya setelah latihan, ya!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar