Sukses

Obesitas Pengaruhi Kecerdasan, Benarkah?

Selain berdampak buruk bagi kesehatan, konon obesitas juga berdampak buruk bagi kecerdasan. Mitos atau fakta?

Tak diragukan lagi, adanya berbagai komplikasi yang dapat ditimbulkannya, membuat obesitas menjadi masalah besar yang membahayakan kesehatan. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, konon kondisi tersebut juga berdampak buruk pada kecerdasan.

Perlu diketahui, tingkat kecerdasan seorang individu umumnya diukur menggunakan intelligence quotient (IQ). Anggapan yang dianut adalah semakin tinggi IQ seseorang, semakin cerdas orang tersebut.

Bagaimana hubungan antara obesitas dan kecerdasan? Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Academy of Neurology mengungkapkan bahwa semakin tinggi body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh (IMT) seseorang, semakin rendah performa pada pemeriksaan kognitif.

Selain penelitian tersebut, masih ada banyak penelitian lainnya yang juga menyimpulkan bahwa obesitas dikaitkan dengan nilai IQ yang lebih rendah.

Namun, penelitian dari Kanazawa et al pada tahun 2014 menyampaikan bahwa hubungan sebab/akibat pada obesitas dan kecerdasan belum dapat ditentukan secara pasti. Menurut studi ini, IQ rendahlah yang meningkatkan kemungkinan terjadinya obesitas, bukan sebaliknya.

Selain itu, para pakar juga menyampaikan bahwa kecerdasan merupakan suatu hal yang mulai dapat diamati sejak usia yang sangat dini, dan pergerakannya cukup stabil seiring dengan bertambahnya usia. Di sisi lain, obesitas merupakan sesuatu yang dapat terjadi pada usia berapa saja.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, semakin banyak upaya yang dilakukan untuk menemukan kaitan antara satu hal dengan hal lainnya. Sampai saat ini, salah satu faktor yang sudah terbukti berkaitan dengan kecerdasan adalah faktor genetik (keturunan).

Namun mengenai pengaruh obesitas pada penurunan kecerdasan memang masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut dan mendalam.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar