Sukses

Sulit Tidur? Mungkin Ini Sebabnya

Sulit tidur bisa memengaruhi kualitas hidup dan kesehatan Anda. Yuk, cari tahu sebabnya.

Tidur adalah aktivitas sederhana yang dapat menentukan kualitas hidup seseorang. Bukan sembarang tidur, tetapi tidur yang berkualitas.

Namun tak sedikit orang yang merasa sulit tidur akibat suatu kondisi. Anda salah satunya?

Tidur yang berkualitas adalah delapan jam sehari, tanpa adanya gangguan dalam bentuk apa pun. Jika Anda kesulitan untuk melakukannya, mungkin faktor di bawah ini yang menjadi penyebabnya.

  1. Stres

Stres adalah faktor psikologis yang menjadi salah satu penyebab seseorang sulit tidur. Kondisi ini biasanya dilatarbelakangi oleh adanya suatu masalah yang tergolong berat. Kabar baiknya, sulit tidur akibat stres bisa segera teratasi apabila masalah, yang menyebabkan stres, sudah terselesaikan.

  1. Pekerjaan menggunakan waktu shift

Pekerjaan dengan waktu shift sering membuat pelakunya memiliki waktu tidur yang tidak teratur. Sebab jenis pekerjaan yang demikian sangat memengaruhi jam biologis pelakunya.

Gangguan pada jam biologis juga dapat mengakibatkan adanya gangguan tidur. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa gangguan pada pekerja shift malam lebih banyak 2-5 kali, dibandingkan dengan pekerja dengan waktu kantor (pagi-sore).

  1. Gangguan fisik

Gangguan fisik pada tubuh, seperti rasa nyeri, rasa tidak nyaman, sulit bernapas karena suatu penyakit, dapat mengakibatkan pada kondisi sulit tidur.

  1. Tidur di siang hari

Kebiasaan tidur di siang hari lebih dari 30 menit bisa berdampak pada kesulitan tidur di malam hari.

  1. Gaya hidup

Beberapa gaya hidup yang bisa berdampak pada kondisi sulit tidur, yakni:

  • Mengonsumsi alkohol

Meskipun alkohol bersifat sedatif (menyebabkan ngantuk), namun jika dikonsumsi secara berlebihan maka bisa menyebabkan kesulitan untuk tidur.

  • Minum kopi

Kandungan kafein  pada kopi dapat bertahan dalam darah selama delapan jam. Konsumsi kopi mendekati waktu tidur akan membuat Anda terjaga dan sulit untuk tidur di malam hari.

  • Merokok

Nikotin pada rokok akan menyebabkan seseorang sulit tidur. Asap rokok yang terhirup juga dapat menganggu irama sirkadian (jam alami dalam tubuh manusia), sehingga ritme tidur menjadi terganggu.

  1. Kebiasaan bekerja malam hari dengan komputer

Paparan layar di komputer akan merangsang otak untuk menurunkan kadar hormon melatonin. Ini adalah hormon pengendali siklus tidur dan bangun pada manusia. Nah, penurunan kadar hormon ini akan membuat seseorang tetap terjaga di malam hari.

  1. Konsumsi makanan berlebihan sebelum tidur

Makanan yang dikonsumsi secara berlebihan mendekati waktu tidur akan membuat tubuh tetap bekerja untuk memproses makanan tersebut. Kondisi ini bisa berdampak rasa kesulitan untuk tidur.

  1. Konsumsi obat-obatan

Obat hipertensi, obat asma, obat depresi dan lainnya bisa menyebabkan efek samping sulit tidur bagi orang yang mengonsumsinya.

  1. Faktor lingkungan

Ruang kamar yang terlalu panas/dingin, suara bising, tempat tidur yang tidak nyaman dan faktor lingkungan lainnya bisa berdampak pada kesulitan untuk tidur.

Jika Anda sulit tidur dan penyebabnya adalah hal di atas, segera hindari sekarang juga. Ingat, kualitas tidur yang baik berpengaruh pada kualitas hidup dan kesehatan Anda.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar