Sukses

Gejala Eksim yang Anda Harus Tahu

Anak Anda sering mengalami kulit yang gatal dan kemerahan hilang timbul? Awas serangan eksim! Yuk cari tahu lebih dalam tentang penyakit ini di sini.

Anak Anda sering mengalami kulit gatal dan kemerahan yang hilang timbul? Waspada, bisa jadi ia mengalami gejala eksim. Meskipun tergolong tidak berbahaya, penyakit ini bisa mengganggu kualitas hidup penderitanya, lho.

Eksim, atau dalam bahasa medis disebut dermatitis atopik, merupakan suatu alergi kulit yang gatal, kemerahan, dan hilang timbul. Ini sebenarnya merupakan penyakit yang diturunkan.

Apa maksudnya? Artinya jika salah satu atau kedua orangtua memiliki alergi, seperti eksim, asma, atau rinitis alergi, maka anaknya berisiko lebih besar untuk terkena eksim.

Penyakit ini paling sering menyerang bayi dan anak. Namun orang dewasa juga dapat terkena.

Para ahli memperkirakan sekitar 10-20% anak di seluruh dunia mengidap eksim. Sementara itu, hanya 1-3% orang dewasa yang terkena.  Hampir 90% serangan eksim mulai muncul di usia dini, yakni saat anak berusia di bawah 5 tahun.

Meskipun tidak berbahaya dan menular, eksim berpotensi mengganggu dan menurunkan kualitas hidup penderitanya. Apalagi jika penyakit ini bersifat kronis dan sering kambuh.

Eksim dibagi menjadi tiga tahap, yakni pada bayi, anak, dan dewasa.

  1. Eksim pada Bayi

Bayi dapat mulai terkena eksim saat berusia 2-3 bulan. Gejalanya dapat berupa ruam kemerahan yang kering, bersisik, dan gatal di wajah terutama kedua pipi.

Jika parah, terkadang ruam kemerahan bersisik juga muncul di kulit kepala dan menyebar ke tubuh. Tak jarang bayi menggaruk kulitnya karena rasa gatal yang sangat mengganggu. Akibatnya, terjadilah luka yang membuatnya rewel.

  1. Eksim pada Anak

Jika pada usia 1-2 tahun eksim belum juga reda, maka masuklah pada tahap selanjutnya, yaitu eksim tipe anak. Berbeda dengan bayi, eksim pada anak umumnya ditemukan pada lipat siku dan lutut, leher serta pergelangan tangan maupun kaki.

Eksim jenis ini umumnya akan tampak lebih kering dan lebih tebal dibanding tipe bayi. Hal ini disebabkan karena perjalanan penyakit sudah berlangsung lama.

  1. Eksim pada Dewasa

Umumnya, orang dewasa jarang terkena eksim. Ini karena sebagian eksim akan mereda pada usia anak-anak. Sebagian kecil usia dewasa yang tetap mengidap eksim umumnya akan mengalami gejala yang cukup berat.

Ruam kemerahan yang gatal akan menjadi lebih kering, bersisik lebih tebal, dan berwarna lebih gelap. Selain itu juga mengenai lebih banyak bagian tubuh.

Mencegah Eksim Kambuh

Untuk mencegah eksim kambuh, gunakan sabun mandi lembut yang mengandung pelembap. Hindari sabun antiseptik.

Kemudian keringkan kulit menggunakan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk perlahan, bukan dengan digosok. Setelah itu, segera oleskan pelembap ke seluruh tubuh.

Gunakan pelembap dengan bahan alami, tanpa pengawet dan pewangi. Karena umumnya orang dengan eksim memiliki kulit yang sensitif.

Terakhir, kenali dan hindari pencetus eksim. Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan dan belum berhasil, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Sekarang sudah tahu ‘kan bagaimana gejala eksim? Yuk, cegah dan atasi sedari dini. Agar kualitas hidup anak tetap terjaga hingga nanti.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar