Sukses

Cara Turunkan Berat Badan dengan Mengunyah

Konon, cara mengunyah makanan yang tepat bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah?

Mengunyah makanan harus dilakukan sebanyak 32 kali, demikian anjuran orangtua zaman dahulu. Konon, cara ini efektif untuk membantu menyehatkan dan menurunkan berat badan. Benarkah?

Adalah Horace Fletcher, tokoh yang mempopulerkan nasihat mengunyah makanan 32 kali sebelum ditelan. Fletcher bukanlah seorang dokter, melainkan seorang pengusaha yang ditolak oleh asuransi kesehatan karena obesitas yang dialaminya.

Kemudian, ia berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 20 kg. Caranya? Mudah saja, yaitu dengan mengunyah makanan setidaknya 32 kali sebelum ditelan.

Fletcher mempopulerkan cara tersebut dan membuatnya dijuluki The Great Masticator. Meski idenya tidak didasarkan pada teori ilmiah yang jelas, namun ternyata teori Fletcher tersebut ada benarnya.

Pada dasarnya, berapa kali makanan harus dikunyah tentu tergantung pada kepadatan makanan yang dikonsumsi. Dibandingkan nasi, mengonsumsi bubur tentu membutuhkan jumlah kunyahan yang lebih sedikit.

Untuk makanan yang dikonsumsi sehari-hari, para ahli merekomendasikan untuk mengunyahnya sebanyak 30-50 kali sebelum ditelan. Contohnya: nasi, roti, kentang, sayur, daging, dan lain-lain.

Selain bertujuan untuk melumatkan makanan sebelum sampai ke lambung dan usus, hal tersebut juga menyebabkan kadar hormon ghrelin (hormon nafsu makan) menjadi rendah. Orang yang mengunyah makanan sebanyak 30 kali terbukti mengonsumsi kalori lebih rendah dibandingkan dengan orang yang mengunyah makanan lebih cepat.

 

Mengunyah makanan secara perlahan juga membuat seseorang lebih menyadari dan merasakan aroma, rasa, dan tekstur makanan. Hal tersebut menjadikan aktivitas makan bukan lagi hanya sekedar kegiatan untuk menghilangkan rasa lapar saja.

Makan akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan pikiran. American Journal of Clinical Nutrition merekomendasikan untuk mengunyah makanan setidaknya 30 kali setiap suap sebagai cara sederhana dan efektif untuk menurunkan berat badan.

Ingin tubuh sehat dan berat badan ideal? Mulai sekarang, cobalah mengunyah satu suap makanan setidaknya 30 kali! Jangan lupa juga untuk berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat, ya.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar