Gigi Mulut

Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Mudah dan Ampuh

drg. Wiena Manggala Putri, 22 Apr 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit gigi memang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit gigi yang efektif?

Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Mudah dan Ampuh

Sakit gigi dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi ini bisa membuat mood turun dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi tenang, ada berbagai cara mengatasi sakit gigi yang bisa Anda lakukan. 

Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang terdapat di rumah untuk meringankan sakit gigi, atau dengan bantuan obat yang bisa dibeli dengan mudah di apotek terdekat. Mari simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Berikut adalah cara menghilangkan sakit gigi yang bisa Anda lakukan: 

  1. Larutan Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. 

Siapkan setengah gelas kecil air putih hangat, masukkan garam sebanyak satu sendok teh, lalu aduk hingga rata. Berkumurlah kurang lebih selama 30 detik dan lakukan 2-3 kali dalam sehari.

Artikel Lainnya: 4 Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

  1. Obat Antinyeri Berbentuk Krim atau Gel

Obat jenis ini memiliki efek samping yang minim, dan sangat membantu bagi pasien yang juga mengalami gangguan pencernaan. 

Kandungan 20 persen benzocaine pada obat ini menjadikannya sebagai antiseptik yang dapat mencegah infeksi gigi. Sedangkan, kandungan bahan mentolnya membantu mendinginkan bagian yang sakit.

  1. Obat Pereda Nyeri Berbentuk Larutan Kumur

Cara mengatasi sakit gigi lainnya adalah dengan obat pereda nyeri berbentuk larutan kumur. Biasanya obat ini mengandung benzydamine HCl untuk meringankan peradangan dalam rongga mulut. 

Obat ini bisa Anda dapatkan di apotek maupun toko obat lainnya. Kumurlah sebanyak 1½ sendok makan selama 60 detik, 2-3 kali sehari.

  1. Obat Antinyeri Berbentuk Tablet

Ini adalah obat sakit gigi yang paling umum diresepkan oleh dokter gigi. Obat ini dapat dibeli di apotek atau toko obat. Kekurangannya, bahan aktif yang sampai di pembuluh darah dan organ yang bermasalah hanya 10 persen.

Artikel Lainnya: Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

  1. Obat Antinyeri Berbentuk Lembaran Tipis

Obat sakit gigi ini mengandung 10-20 persen lidocaine yang berbentuk lembaran tipis dan ditempelkan pada gusi. Obat ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri dengan membuat saraf gigi menjadi mati rasa. Jadi, carilah obat ini di apotek terdekat sebagai cara mengatasi sakit gigi. 

  1. Kompres Dingin

Kompres dingin juga bisa menjadi cara menghilangkan sakit gigi. Terutama sakit yang terjadi karena cedera atau gusi yang bengkak. Suhu yang dingin dari kompres mampu menyempitkan pembuluh darah dan memperlambat aliran darah ke daerah yang terkena.

Gunakan es batu yang sudah dililit kain bersih, kemudian tahan di samping pipi minimal 20 menit. Cara mengatasi sakit gigi yang satu ini mudah sekaligus ampuh!

  1. Minyak Cengkeh

Ternyata, minyak cengkeh bisa menjadi cara mengatasi sakit gigi yang ampuh. Cengkeh telah lama digunakan sebagai obat sakit gigi, karena minyak efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menggunakannya, teteskan minyak cengkeh pada kapas yang bersih, kemudian tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Minyak ini bisa Anda beli di apotek atau toko obat. 

Artikel Lainnya: Anak Mengeluh Sakit Gigi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

  1. Kantong Teh Peppermint

Cara mengatasi sakit gigi yang ini juga efektif. Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk mematikan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif. Tempelkan kantong teh bekas yang hangat pada daerah yang sakit selama beberapa menit hingga rasa sakit berkurang. 

  1. Thyme

Thyme dikenal dapat mengurangi rasa sakit pada gigi. Komponen utamanya yang disebut timol memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat. 

Untuk menggunakanya, teteskan minyak esensial thyme ke kapas, lalu oleskan ke daerah yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa meneteskan minyak tersebut ke dalam segelas air untuk berkumur. 

  1.  Lidah Buaya

Gel lidah buaya digunakan beberapa orang untuk meredakan rasa sakit pada gusi. Oleskan sedikit pada daerah yang sakit, kemudian pijat dengan lembut. 

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami dan dapat menghancurkan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi. Karena itu, cara mengatasi sakit gigi dengan lidah buaya dapat dilakukan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika sakit gigi muncul secara tiba-tiba. Namun, perlu diingat bahwa cara di atas hanya berguna untuk meredakan rasa sakit sementara waktu. Oleh karena itu, Anda tetap perlu memeriksakannya ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.  

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar sakit gigi atau penyakit lainnya, dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.  

[NWS/ RS]

Obat sakit gigicara menghilangkan sakit gigi

Konsultasi Dokter Terkait