Sukses

7 Cara Mengurangi Sakit Gigi

Jangan biarkan sakit gigi menghambat aktivitas Anda. Berikut ini beberapa cara yang ampuh untuk mengurangi nyerinya.

Sakit gigi sering kali membuat orang uring-uringan. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mengurangi nyerinya adalah dengan menempelkan koyo.

Koyo memang populer karena murah, mudah didapat, dan reaksinya cepat. Namun, adakah cara lain yang sama ampuhnya untuk mengurangi nyeri sakit gigi?

  1. Berkumur dengan larutan air garam hangat

Siapkan setengah gelas kecil air putih hangat. Tambahkan garam satu sendok makan pada air tersebut dan aduk hingga rata. Gunakan untuk berkumur selama 1 menit selama 2-3 kali sehari.

Menurut sebuah jurnal kedokteran gigi di Inggris, hawa panas dari larutan tersebut memiliki efek meningkatkan sirkulasi darah di bagian gigi. Hal tersebut membantu penyembuhan lebih cepat.

  1. Obat antinyeri berbentuk krim atau gel

Obat jenis ini memiliki efek samping yang minim dan sangat membantu bagi pasien yang juga mengalami gangguan pencernaan. Kandungan 20% benzocaine pada obat ini menjadikannya antiseptik yang dapat mencegah infeksi gigi. Kandungan bahan mentolnya membantu mendinginkan bagian yang sakit.

  1. Obat pereda nyeri berbentuk larutan kumur

Biasanya obat ini mengandung benzydamin HCl untuk meringankan peradangan dalam rongga mulut. Bisa didapat di apotek maupun toko obat lainnya. Berkumurlah sebanyak 1 1/2 sendok makan, selama 60 detik, 2-3 kali sehari.

  1. Obat antinyeri berbentuk tablet

Paling umum diresepkan oleh dokter gigi. Dapat dibeli di apotek dan toko obat. Kekurangannya, bahan aktif yang sampai di pembuluh darah dan organ yang bermasalah hanya 10%.

  1. Obat pengurang rasa nyeri yang berbentuk lembaran tipis kecil dan ditempel di gusi

Obat ini mengandung 10-20% lidocaine. Membantu mengurangi rasa nyeri dengan membuat saraf gigi menjadi mati rasa. Menurut penelitian di University of Ohio, obat ini 45 kali lipat lebih ampuh dibandingkan bentuk gel.

  1. Kompres dingin dengan es batu

Kompres pada daerah gigi yang sedang sakit, tahan di samping pipi dengan posisi yang sama selama minimal 20 menit. Lakukan setiap 4 jam sekali untuk membantu mengurangi rasa nyeri.

  1. Menggunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh mengandung zat antiseptik, antiradang, dan antinyeri. Teteskan pada kapas steril bulat kecil, kemudian tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Bisa dibeli di apotek atau toko obat.

Dengan bekal tips di atas, Anda tidak perlu cemas lagi jika mengalami sakit gigi mendadak. Namun, tips tersebut hanya berguna untuk meredakan sakit gigi secara sementara. Anda tetap perlu memeriksakan gigi kepada dokter gigi untuk penanganan yang tepat.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar