Diet dan Nutrisi

Jangan Simpan Roti Tawar di Kulkas

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 22 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mengapa Anda tak boleh menyimpan roti tawar di kulkas? Berikut alasannya.

Jangan Simpan Roti Tawar di Kulkas

Sebagian dari Anda mungkin pernah menyimpan roti di dalam kulkas, bersamaan dengan bahan makanan lainnya. Anda mungkin berpikir, roti bisa tahan lebih lama jika disimpan dalam kulkas. Bagaimana faktanya?

Roti merupakan bahan makanan yang usia kesegarannya cukup pendek. Ditambah dengan cara penyimpanan yang salah, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada roti yang lembut, segar, dan menggiurkan.

Cara menyimpan roti memang sedikit berbeda dengan makanan segar lainnya. Jika disimpan di kulkas, roti justru menjadi cepat basi. ‘Basi’ pada roti itu berarti kering dan mengeras sebelum akhirnya berjamur.

Saat roti disimpan di tempat bersuhu dingin (namun tidak sampai beku), terjadi percepatan proses rekristalisasi pati yang membuat roti menjadi semakin cepat keras dan basi. Berbeda halnya jika disimpan dalam freezer. Pembekuan justru akan menghambat proses rekristalisasi tadi.

Jadi, bagaimana cara terbaik menyimpan roti? Beli roti tawar kemasan –biasanya masih dalam plastik yang bersegel. Selama roti berada dalam plastik kemasan dan tertutup rapat (belum dibuka), roti memiliki usia kesegaran yang lebih panjang.

Jika Anda sudah membuka plastiknya, cara terbaik untuk menyimpannya adalah dengan melipat plastik dan membaliknya sehingga lipatan plastik berada di bawah roti. Hal ini akan membuat aliran udara tidak masuk ke dalam kemasan.

Anda juga bisa menyimpan roti di dalam freezer dengan dibungkus kertas atau plastik dan alumunium foil. Jika Anda ingin mengonsumsi roti dari freezer, hangatkan dengan membiarkannya di suhu ruangan atau panaskan di oven.

Tidak semua makanan baik disimpan di kulkas, salah satunya adalah roti. Kenali bahan makanan Anda dan cara penyimpanannya, agar manfaatnya pun bisa diperoleh secara maksimal.

[RS/RH]

Roti Tawarmakanankulkas

Konsultasi Dokter Terkait