Sukses

Waspada, Semakin Tua Perut Semakin Buncit!

Perut buncit sering dijumpai pada pria maupun wanita yang sudah berusia tua. Apa sebabnya? Cari tahu di sini.

Perut buncit sering dijumpai pada pria maupun wanita yang sudah berusia tua. Biasanya mereka tak terlalu mempermasalahkan hal ini. Sebab penampilan bukan lagi menjadi fokus utama. Namun, apa penyebab usia tua rentan memiliki perut buncit?

Perut buncit terjadi karena adanya penumpukan lemak viseral yang disimpan di antara organ dalam perut. Lemak viseral adalah jenis lemak yang kurang baik, karena dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit –seperti jantung dan pembuluh darah.

Beberapa kondisi yang menyebabkan timbulnya perut buncit di usia tua, yakni:

  1. Metabolisme tubuh yang menurun

Seiring dengan bertambahnya usia, pria maupun wanita akan mengalami penurunan sistem metabolisme tubuh. Ini berakibat pada lebih sedikitnya kalori yang dibakar oleh tubuh.

Kalori yang tersisa akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak. Biasanya lemak ini disimpan pada bagian perut.

  1. Jumlah otot yang berkurang

Otot berfungsi membakar kalori dan menjaga bentuk tubuh. Namun sejak usia 30-an, jumlah otot pada tubuh mulai berkurang. Hal ini menyebabkan kenaikan berat badan dan perut buncit.

  1. Perubahan hormon

Hormon pada tubuh akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi ini lebih signifikan terjadi pada wanita saat menopause.

Hormon esterogen yang menurun drastis saat menopause menyebabkan perubahan tempat penyimpanan lemak dari pinggul dan paha ke perut. Pada pria, turunnya hormon testoteron meningkatkan penyimpanan lemak di perut.

  1. Gaya hidup sedentary

Di usia tua, sebagian besar wanita maupun pria lebih bergaya hidup sedentary. Mereka hampir tidak pernah berolahraga ataupun bekerja.

Hal ini membuat sistem metabolisme yang sudah menurun semakin menurun. Akibatnya risiko untuk memiliki perut buncit pun lebih tinggi.

  1. Stres

Stres pada usia tua sering berkaitan dengan pekerjaan atau malah karena sudah tidak bekerja. Kondisi ini dapat memicu perut buncit, karena saat stres tubuh mengeluarkan homron kortisol.

Hormon ini membuat Anda mengonsumsi lebih banyak makanan. Dengan demikian, tubuh Anda akan kemasukan kalori berlebihan, yang pada akhirnya akan disimpan menjadi lemak di perut.

Sekarang Anda sudah tahu ‘kan mengapa mereka yang sudah berusia tua memiliki perut buncit? Jika Anda tidak ingin demikian di kemudian hari, terapkanlah pola hidup sehat, konsumsi makanan dengan gizi seimbang serta berolahraga secara rutin dan teratur.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar