Sukses

Mengenal Seluk-beluk Diet GM

Ada banyak metode diet yang diciptakan untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Diet General Motors (GM) adalah salah satunya.

Memiliki tubuh langsing ideal dalam waktu yang singkat adalah dambaan hampir semua wanita. Berbagai metode diet pun diciptakan untuk dapat menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Salah satu jenis diet yang dikenal adalah diet GM.

Diet GM (General Motors) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an oleh sebuah perusahaan bernama General Motors Corporation. Tujuannya adalah untuk menjaga agar karyawan mereka tetap sehat dan memiliki tubuh yang ideal.

Diet GM adalah diet yang mengharuskan Anda mengonsumsi makanan dengan kalori yang rendah, tetapi kaya akan asupan gizi selama satu minggu berturut-turut. Asupan gizi kebanyakan berasal dari jenis sayuran dan buah.

Diet ini menjadi begitu terkenal di seluruh dunia karena pelakunya konon dapat menurunkan berat badan sebanyak 4.5-7.7 kg hanya dalam waktu tujuh hari. Sementara itu, diet biasa pada umumnya hanya dapat menurunkan berat badan sebesar 0.5 kg.

1 dari 3 halaman

Cara Melakukan Diet GM

Ada beberapa aturan yang harus ditaati sebelum memulai program diet ini. Anda tidak boleh mengonsumsi alkohol sama sekali dan harus minum 10-15 gelas air dalam sehari.

Selain air putih, Anda juga dapat mengonsumsi infused water, soda, serta kopi dan teh tanpa susu dan gula. Dalam tujuh hari berlangsungnya diet tersebut, Anda hanya boleh mengonsumsi makanan yang ditentukan. Jumlahnya juga tidak dibatasi.

Lebih jelasnya, berikut cara diet GM yang bisa Anda lakukan:

  • Hari Pertama

Pada hari pertama, cara diet GM dilakukan dengan konsumsi buah-buahan. Anda boleh makan semua buah, kecuali pisang. Anda tidak perlu takut karena Anda boleh makan dalam jumlah berapa pun.

Anda bisa mencoba mengonsumsi buah melon, pir, ataupun semangka. Buah-buahan tersebut banyak mengandung air sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. 

Artikel Lainnya: Hati-hati, Ini Risiko Kesehatan di Balik Diet Rendah Karbohidrat

  • Hari Kedua

Di hari kedua, Anda hanya boleh makan sayur-sayuran. Namun, tidak disarankan untuk memasak sayuran seperti menumisnya. Anda bisa mengonsumsi sayuran dalam kondisi mentah, direbus, maupun dipanggang.

Apabila ingin mengonsumsi salad, hindari penggunaan saus dressing. Batasi mengonsumsi kentang berlebihan, sebaiknya hanya konsumsi kentang saat pagi hari sebagai sarapan.

  • Hari Ketiga 

Di hari ketiga melakukan diet GM, Anda boleh makan semua buah dan sayur kegemaran Anda. Namun, tentu saja dengan catatan. Anda dibebaskan konsumsi buah dan sayur, kecuali pisang. Ingat pula untuk membatasi jumlah konsumsi kentang.

  • Hari Keempat

Pada hari keempat diet GM, barulah Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi pisang dengan ditemani susu saja. Adakah aturan makannya?

Anda bisa mengonsumsi pisang dalam jumlah enam buah jika ukurannya besar, atau delapan buah apabila pisang berukuran kecil. Sementara untuk susu, Anda disarankan untuk minum tiga gelas susu. Pilihlah susu yang rendah lemak atau skim milk

Artikel Lainnya: Berkenalan Lebih Dekat dengan Diet HMR

  • Hari Kelima

Pada hari kelima, Anda boleh mengonsumsi 300 gram daging rendah lemak (boleh daging sapi, ayam, atau ikan) dan enam buah tomat dalam sehari.

Bagi Anda yang vegetarian, nasi merah atau cottage cheese dapat menjadi pengganti daging. Pastikan juga Anda minum air dalam jumlah yang cukup untuk membantu pemecahan purin dari daging.  

  • Hari Keenam

Masih sama dengan hari sebelumnya. Cara diet GM di hari keenam memperbolehkan Anda makan daging rendah lemak sebanyak 300 gram. Anda juga dapat mengonsumsi sayuran sebanyak yang Anda inginkan, kecuali kentang. 

  • Hari Ketujuh

Hari terakhir, Anda boleh mengonsumsi nasi merah ditemani berbagai jenis sayuran dan buah. Jika bosan, Anda bisa membuat buah menjadi jus juga, lho. Tentunya dengan tidak menambahkan gula, ya!

Selain makanan di atas, Anda juga boleh mengonsumsi sup GM sesering mungkin. Sup ini terbuat dari air, bawang merah, paprika hijau, tomat, kubis, dan seledri. Anda boleh beristirahat selama 3-7 hari sebelum melanjutkan lagi program diet GM ini. 

Artikel Lainnya: Diet Sup, Bermanfaatkah untuk Kesehatan?

2 dari 3 halaman

Diet GM Ada Risikonya

Diet GM sangat diminati karena dapat menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Selain itu, menu dalam diet ini tergolong simpel dan mudah untuk didapat, serta tidak memerlukan teknik memasak yang rumit.

Namun demikian, diet ini mendapat kritik dari pakar kesehatan karena dinilai tidak dapat diteruskan dalam jangka waktu panjang. Bahaya diet GM dinilai tidak  memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang (karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral dalam satu hari yang sama).

Selain itu, diet GM juga tidak memasukkan program olahraga ke dalam metode dietnya. Padahal, olahraga tidak dapat dipisahkan dengan pengaturan pola makan untuk mencapai diet yang sukses dan berkelanjutan.

Selain itu, bahaya diet GM lainnya yang bisa muncul, antara lain:

  • Dehidrasi
  • Kelemahan otot
  • Tubuh terasa lemas
  • Tak berenergi
  • Sakit kepala
  • Daya konsentrasi menurun

Meskipun Anda tergoda untuk tampil lebih singset hanya dalam seminggu, jangan abaikan risiko kesehatan yang mungkin bisa Anda dapatkan jika melakukan program diet GM ini.

Berat badan ideal dapat dicapai dengan tidak hanya terpaku pada mengatur jenis makanan, tetapi juga dibutuhkan perubahan pola hidup, seperti melakukan olahraga, mengontrol stres, dan istirahat cukup. Dengan begitu, tubuh akan sehat ditambah dengan bonus berat badan yang ideal.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar