Sukses

Saksi Ahli Kasus Ahok dan Jessica, Prof Sarlito Sarwono Meninggal Dunia

Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Tadi malam Prof. Sarlito Wirawan Sarwono menghembuskan napas terakhirnya. Apa yang terjadi?

Nama Prof. Sarlito  Wirawan Sarwono tentu bukan nama yang asing bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Selain pernah menjadi menjadi Guru Besar Psikologi UI, namanya belakangan ini semakin sering terdengar di media karena menjadi saksi ahli untuk dan kasus dugaan penistaan agama oleh  Ahok.

Kepergiaan Prof. Sarlito sungguh mengejutkan. Berdasarkan informasi yang diterima redaksi Klikdokter, pekan lalu Sarlito tiba-tiba mengalami perdarahan saluran cerna. Pada hari minggu, 13 November 2016 ia dirawat di ruang perawatan intensif Rumah Sakit PGI Cikini untuk diobservasi dan mengetahui lebih lanjut penyebab perdarahan saluran cerna yang dialami.

Namun belum sempat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Sarlito yang juga merupakan saksi ahli kasus pembunuhan dengan sianida oleh Jessica, meninggal dunia setelah mengalami syok akibat perdarahan yang tak kunjung henti. Ia menghembuskan napas terakhir pada tanggal 15 November 2016 pukul 22.18.

Kasus perdarahan saluran cerna pada orangtua memang patut diwaspadai karena dapat mengancam nyawa dalam waktu cepat. Gejalanya dapat berupa muntah darah atau buang air besar berwarna hitam dan encer, serta terlihat pucat dan lemah.

Macam-macam penyakit dapat menyebabkan perdarahan saluran cerna. Di antaranya adalah luka pada lambung atau usus halus, kebiasaan mengonsumsi obat antinyeri jangka panjang, peradangan hati kronik, adanya pembuluh darah pencernaan yang pecah, atau tumor pada lambung atau usus. 

Untuk dapat mengatasi perdarahan saluran cerna, harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Sebab, beda penyebab beda pula penanganannya. Bila mengalami muntah darah atau buang air besar hitam encer, umumnya dokter perlu melakukan pemeriksaan laboratorium dan endoskopi untuk mengidentifikasi penyebabnya.

Oleh sebab itu, bila ada anggota keluarga yang mengalami gejala tersebut, jangan menunda untuk dibawa ke dokter. Waspadai kemungkinan adanya penyakit serius.

Semasa hidupnya, Sarlito dikenal sebagai seorang psikolog yang mendalami psikologi sosial. Ia menulis banyak buku dan dikenal sangat lugas dalam menyampaikan pendapatnya mengenai masalah sosial yang hangat di masyarakat. Selamat jalan Prof. Sarlito Wirawan Sarwono!

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar