Sukses

Kenali Diabetes Gestasional pada Kehamilan

Benarkah wanita dapat terkena diabetes karena hamil, meskipun ia tidak pernah memiliki riwayat diabetes sebelumnya?

Dewi tidak pernah memiliki riwayat diabetes sebelumnya, baik pada diri sendiri maupun keluarga. Namun, ketika ia memasuki trimester ketiga kehamilan, mengapa dokter menyatakan bahwa ia terkena diabetes? Apakah kehamilan dapat menyebabkan diabetes?

Apa itu diabetes gestasional?

Diabetes adalah suatu keadaan di mana kadar gula dalam darah seseorang melebihi batas normal. Diabetes gestasional merupakan diabetes yang terjadi dalam kehamilan.

Pada umumnya, diabetes gestasional dideteksi pada saat seorang wanita sudah hamil besar. Jika pada awal kehamilan dokter sudah mendeteksi adanya diabetes, kemungkinan wanita tersebut telah memiliki diabetes bahkan sebelum hamil.

Apa penyebab diabetes gestasional?

Kadar gula darah dalam tubuh diatur oleh suatu hormon yang dihasilkan oleh pankreas, yaitu insulin. Insulin mengatur jumlah gula yang beredar di dalam darah, berapa yang disimpan dalam tubuh, dan bagaimana gula tersebut digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

Ketika kadar gula dalam darah seseorang berlebihan, insulin yang dihasilkan oleh tubuh tidak cukup untuk mengatur kadar gula yang meningkat tersebut. Akibatnya, insulin tidak efektif lagi untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh, sehingga terjadilah penyakit diabetes.

Siapa yang berisiko terkena diabetes gestasional?

Rata-rata wanita hamil berisiko untuk terkena diabetes gestasional. Terutama jika berat badan sebelum hamil sudah berlebihan dan mengalami peningkatan berat badan yang terlalu besar selama hamil.

Wanita yang pada kehamilan sebelumnya melahirkan bayi dengan berat 4 kilogram atau lebih, atau pernah menderita diabetes gestasional sebelumnya, juga berisiko terkena diabetes gestasional pada kehamilan selanjutnya.

Selain itu, wanita hamil yang memiliki riwayat penyakit polikistik ovarium dan diabetes pada keluarga juga lebih berisiko mengalami diabetes gestasional.

Apa bahaya dari diabetes gestasional?

Tidak hanya untuk Anda, diabetes gestasional pun dapat berbahaya bagi bayi. Anda dapat jatuh ke dalam keadaan pre-eklampsia. Ini merupakan suatu komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tingginya tekanan darah dan kadar protein dalam urine.

Jika tidak ditangani, keadaan ini dapat berlanjut menjadi eklampsia, di mana Anda mengalami kejang-kejang. Akibatnya tak hanya fatal bagi diri Anda sendiri, namun juga bagi bayi Anda.

Diabetes gestasional dapat pula menyebabkan berat badan janin dalam kandungan menjadi terlalu besar. Hal ini dapat menjadi penyulit dalam kehamilan, dan memaksa dokter untuk melakukan operasi cesar sebagai jalan yang lebih aman.

Selain itu, Anda juga berisiko mengalami depresi dan diabetes pada kemudian hari. Sementara itu, bayi yang lahir dari ibu yang memiliki diabetes gestasional dapat mengalami hipoglikemia (kekurangan kadar gula darah), masalah pernapasan, pertumbuhan terhambat, dan risiko meninggal dalam kandungan.

Agar terhindar dari diabetes gestasional, turunkanlah berat badan Anda sebelum merencanakan kehamilan. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan berolahraga teratur.

[RS/RH]

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar