Sukses

8 Rahasia Agar Kulit Tetap Awet Muda

Jangan jadikan krim malam sebagai satu-satunya penolong masalah kulit. Untuk kulit awet muda, perawatan dari dalam juga sangat penting.

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan akan mulai terlihat. Hal ini ditandai dengan munculnya garis-garis kerutan pada wajah, kulit tampak kendur, cenderung kering, ataupun flek.

Proses penuaan ini memang tidak dapat dihentikan, tetapi dapat diperlambat. Beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan agar tetap terlihat awet muda, di antaranya:

1. Bersihkan kulit wajah secara teratur

Biasakan untuk menggunakan produk pembersih lembut yang tidak mengandung detergen dan menggosok kulit terlalu kuat. Kandungan detergen dan gosokan pada kulit dapat memicu terjadinya iritasi yang lambat laun akan mempercepat penuaan.

2. Lindungi kulit dari sinar matahari

Banyak penelitian membuktikan bahwa sinar matahari akan membuat kulit lebih cepat menua. Untuk menghindari hal ini, hindari sinar matahari terutama antara pukul 10 hingga 2 siang.

Aplikasikan SPF lotion secara rutin untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Topi lebar, pakaian dengan lengan panjang/celana panjang, dan kacamata gelap juga membantu membatasi paparan sinar matahari langsung ke permukaan kulit.

3. Gunakan pelembap setiap hari

Dengan bertambahnya usia, produksi kelenjar juga akan berkurang. Bersamaan dengan sinar matahari, radikal bebas, cuaca, dan faktor lingkungan lainnya, kulit pun bisa menjadi mudah kering.

Kulit yang kering akan memicu munculnya garis-garis halus hingga keriput. Karenanya, jaga kelembapan kulit dengan rajin menggunakan pelembap. Menggunakan pelembap segera setelah mandi akan ‘mengunci’ air yang didapat saat mandi.

4. Gunakan krim malam

Selain membersihkan wajah, menggunakan krim perawatan malam juga penting. Krim ini akan membantu regenerasi kulit secara teratur, sehingga sel kulit mati tidak menumpuk di permukaan kulit. warna kulit lebih merata, tekstur kulit lebih halus, kelembapan dan kekenyalan kulit lebih terjaga. Di samping perawatan rutin, sebaiknya lakukan juga perawatan tambahan seperti peeling untuk membantu merangsang regenerasi sel kulit.

5. Berhentilah merokok

Asap rokok menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan kasar. Selain itu, kontraksi otot wajah saat merokok juga mempermudah timbulnya garis-garis keriput di wajah, terutama area bibir.

6. Konsumsi makanan sehat

Kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Karena itu, pastikan untuk makan makanan bergizi dan bervariasi untuk mencukupi kebutuhan organ tubuh, termasuk kulit.

Hati-hati dengan diet yang mungkin dilakukan untuk menurunkan berat badan. Kehilangan volume tubuh secara berlebih dapat menyebabkan kulit terlihat kendur dan menua.

7. Tidur yang cukup

Tidur memberikan waktu bagi tubuh untuk menyegarkan dan memperbarui dirinya. Namun, posisi tidur tertentu dapat menyebabkan timbulnya garis kerutan pada wajah.

Tidak peduli seberapa lembutnya bantal, tetap saja dapat memberikan tekanan pada wajah. Biasakan untuk tidur dengan posisi telentang untuk meminimalkan tekanan yang terjadi saat wajah menempel dengan bantal.

8. Rajin berolahraga

Berbagai studi mengungkapkan bahwa olahraga (yang tidak berlebihan) dapat meningkatkan sirkulasi darah dan daya tahan tubuh. Dan hasilnya, tentu saja kulit akan tampak awet muda dan sehat.

Perawatan kulit yang baik adalah investasi jangka panjang. Semakin awal dimulai semakin baik hasilnya. Berangkatlah dari kebiasaan sehari-hari. Ingat, tidak ada kata terlambat untuk memiliki kulit yang awet muda dan sehat!

[RS/RH]

1 Komentar