Sukses

Perawatan Kulit Ideal Pasca-Melahirkan

Setelah melahirkan, ada beberapa masalah kulit yang bisa terjadi pada ibu. Jangan khawatir, ikuti cara merawat kulit setelah melahirkan berikut!

Kulit merupakan salah satu organ yang paling terdampak pada proses kehamilan hingga melahirkan. Bagi Anda para ibu, tentunya melakukan perawatan kulit pasca-melahirkan penting agar penampilan tetap terjaga. 

Sebagai organ tubuh terluar, kesehatan kulit tentunya menjadi representasi penampilan Anda. Agar penampilan dapat kembali prima dan tetap cantik, simak cara merawat kulit setelah melahirkan di bawah ini:

1. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya adalah produk perawatan kulit untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Mengapa penggunaannya sangat penting? Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit.

Tabir surya menjadi makin krusial sebagai cara merawat kulit setelah melahirkan. Hal ini karena sinar UV dan ketidakseimbangan hormon setelah melahirkan dapat menyebabkan flek kulit yang disebut melasma.

Gunakan sunblock secara rutin dan aplikasikan ulang pada kulit beberapa saat sebelum Anda beraktivitas di luar rumah.

Artikel lainnya: 10 Perawatan Setelah Melahirkan yang Harus Ibu Lakukan

1 dari 3 halaman

2. Rutin Memakai Pelembap Kulit

Ketidakseimbangan hormon, khususnya progresteron, pasca-melahirkan dapat menyebabkan kulit kering. Pastikan Anda rutin memakai pelembap setelah mandi pada pagi hari dan sebelum tidur.

Perubahan berat badan secara drastis usai persalinan, dalam hal ini berat badan turun mendadak, dapat menyebabkan stretch marks. Penggunaan pelembap dapat membantu mencegah timbulnya guratan tersebut.

3. Pilih Sabun Mandi yang Sesuai

Selain kulit kering, perubahan hormon setelah melahirkan dapat menyebabkan kulit ibu sangat berminyak. Bila Anda pemilik kulit berminyak, pilih sabun mandi yang lembut dan oil free

Bagi Anda yang kulitnya kering, pilih sabun mandi yang melembapkan dan tidak mengandung antiseptik, pengharum, atau pewarna.

4. Rutin Membersihkan Wajah 

Akibat kulit menjadi berminyak, salah satu cara merawat kulit setelah melahirkan adalah dengan rutin membersihkan wajah. Cucilah muka menggunakan sabun wajah dua kali sehari, yaitu sebelum dan bangun tidur. Pilih sabun wajah sesuai tipe kulit Anda.

Jika tidak rutin dilakukan, Anda yang memiliki wajah berminyak akan rentan berjerawat. Produksi minyak berlebih yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori hingga meradang.

Artikel lainnya: 5 Masalah Kulit yang Biasa Muncul Setelah Melahirkan

2 dari 3 halaman

5. Rajin Minum Air

Salah satu yang memperparah kondisi kulit kering adalah dehidrasi atau kurang cairan. Jangan salah, meskipun terkesan tidak berhubungan langsung, rajin minum air merupakan salah satu bentuk perawatan kulit pasca-melahirkan.

Kulit yang terhidrasi akan terasa kenyal dan dapat terhindar dari stretch marks. Minumlah air setidaknya 2 liter atau 8 gelas sehari.

Untuk lebih mudah, Anda bisa minum 1 gelas saat bangun tidur, 1 gelas setelah sarapan, 2 gelas setelah makan siang, 1 gelas sore, 2 gelas setelah makan malam, dan 1 gelas sebelum tidur.

6. Konsumsi Makanan Bergizi

Anda berpikir bebas makan apa saja setelah melahirkan? Anda salah besar. Konsumsi makanan cepat saji, berminyak, dan manis akan membuat kulit Anda berminyak memicu penuaan dini. 

Konsumsilah makanan bergizi karena salah satu cara merawat kulit setelah melahirkan. Makanan tinggi protein baik dalam pembentukan kolagen, zat penting penyusun kulit, agar kulit Anda cepat pulih setelah melahirkan.

Selain itu, gizi seperti vitamin A, vitamin E, dan antioksidan yang banyak terkandung dalam sayur serta buah penting dalam menjaga kesehatan kulit.

7. Konsultasi dengan Dokter Kulit

Sudah menjalani cara merawat kulit setelah melahirkan di atas tapi masih punya keluhan? segera konsultasikan dengan dokter kulit. Dokter mungkin akan memberikan terapi untuk kulit, seperti tindakan estetika atau obat yang mengandung asam hyaluronat, tretinoin, atau retinoid.

Itulah tujuh cara merawat kulit setelah melahirkan. Asalkan dilakukan dengan rutin dan sabar, keindahan kulit Anda akan kembali lagi.

Jangan ketinggalan berita seputar kesehatan kulit dan nutrisi penunjangnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar