Sukses

Cegah Diabetes dengan Cara Ini

Meskipun memiliki keturunan diabetes, Anda dapat memperkecil kemungkinan terserang penyakit tersebut dengan melakukan tindakan ini!

Diabetes adalah penyakit metabolik yang dapat terjadi akibat faktor keturunan. Jika memiliki orangtua dengan kondisi diabetes, Anda sebaiknya jangan langsung berkecil hati.

Pasalnya, meskipun memiliki keturunan diabetes, Anda dapat memperkecil kemungkinan terserang penyakit ini. Beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil risiko terserang diabetes, yakni:

  1. Kontrol berat badan Anda

Bagi mereka yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, biasanya pemicu yang paling sering adalah kelebihan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan memiliki kemungkinan 7 kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan ideal.

Oleh karena itu, jika tidak ingin terserang diabetes meskipun memiliki faktor keturunan, kendalikan berat badan Anda sekarang juga! Caranya mudah. Berjalan cepat selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes sebanyak 50%.

  1. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang

Terapkan pola makan 3J. Atur Jadwal makan, atur Jumlah makanan, dan atur Jenis makanan yang harus Anda konsumsi.

  • Jadwal. Jadwal makan yang disarankan adalah 3 kali dalam sehari. Ini bertujuan agar Anda tidak merasa kelaparan. Dengan demikian Anda tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak di waktu makan selanjutnya.
  • Jumlah. Anda disarankan untuk mengonsumsi 25% karbohidrat, 25% protein, dan 50% serat. Jangan ditambah! Bila sangat ingin, tambahkanlah porsi sayur dan buah.
  • Jenis. Jenis yang dimaksud adalah makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan rendah kalori. Contohnya untuk karbohidrat, Anda bisa memilih nasi merah ketimbang nasi putih.
  1. Hindari minuman manis

Minuman manis memiliki kalori yang tinggi. Meskipun hanya minuman ringan, namun minuman manis kemasan dapat mengandung kalori hampir sama dengan 1 piring nasi.

Untuk itu, hindari minuman manis/minuman ringan jenis ap pun. Sebagai gantinya, pilihlah air mineral tanpa rasa. Ingat, mengonsumsi minuman manis akan meningkatkan resiko Anda terserang diabetes sebesar 25%.

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur akan mengurangi risiko Anda terkena diabetes. Karena dengan berolahraga, kalori yang Anda konsumsi akan berubah menjadi energi. Dengan demikian, kalori tidak akan ditimbun dalam pembuluh darah berupa glukosa atau gula –yang dapat menyebabkan diabetes di kemudian hari.

Sebenarnya, keempat tindakan di atas adalah pola hidup sehat yang harus Anda terapkan. Dengan demikian, risiko Anda terserang diabetes akan semakin kecil, meskipun Anda memiliki faktor keturunan penyakit mematikan ini.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar