Kulit

12 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Lebih Sehat

Siti Putri Nurmayani, 13 Jun 2023

Ditinjau Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes.

Bibir merah yang alami menjadi idaman bagi kebanyakan wanita. Tertarik untuk memilikinya? Ini 12 cara memerahkan bibir secara alami yang patut dicoba.

12 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Lebih Sehat

Memiliki bibir yang berwarna merah alami merupakan impian bagi kebanyakan orang. Pasalnya, bibir dengan warna merah muda alami dianggap lebih cantik dan lebih sehat.

Tak heran, banyak orang yang melakukan segala cara untuk mendapatkan bibir merah alami. Lalu, bagaimana cara memerahkan bibir secara alami yang aman? Yuk, cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut ini.

1. Scrubbing

Cara agar bibir merah alami bisa dengan melakukan scrubbing. Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes, scrub bibir bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk.

“Selain itu, melakukan eksfoliasi dengan scrub secara rutin dapat membuat peredaran darah ke bibir akan bertambah lancar. Nantinya, bibir akan tampak lebih merah alami dan sehat,” ujarnya.

Untungnya, kamu bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah. Cukup campurkan gula pasir dengan madu, masing-masing sebanyak satu sendok. Lalu, gosokkan campuran ini pada bibir dengan gerakan memutar. Setelahnya, bersihkan dengan air hangat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sikat gigi yang berujung lembut. Gosokkan sikat gigi di atas bibir dengan gerakan memutar untuk membuang sel kulit mati dan memperlancar aliran darah.

2. Jaga Pola Makan dan Minum

Cara agar bibir merah alami juga bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan minum. Dengan minum banyak air putih, ini dapat menjaga kelembapan bibir.

Pastikan untuk menghindari makanan atau jajanan yang asin, misalnya seperti keripik kentang yang dapat menarik air sehingga membuat bibir menjadi kering.

Selain itu, hindari juga mengonsumsi kopi yang bisa menyebabkan bibir kering dan gigi kuning. Tidak disarankan juga untuk merokok karena akan membuat bibir kekuningan dan keriput.

3. Pijat Bibir

Melakukan pijat bibir bisa menjadi salah satu cara bibir pink alami. Dengan memijat bibir, ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke area bibir, sehingga dapat membuatnya tampak lebih merah muda.

Kamu bisa memijat bibir secara lembut dengan menggunakan minyak kelapa setiap harinya. Kebanyakan orang biasanya akan mengoleskan minyak kelapa semalaman untuk menghidrasi bibir.

4. Masker Bibir

Masker bibir merupakan perawatan yang dilakukan untuk mencerahkan bibir secara alami.

Berdasarkan The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, kunyit bisa mengurangi hiperpigmentasi. Oleh karena itu, tak heran banyak orang yang menggunakan kunyit sebagai masker bibir.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, maka cukup campurkan bubuk kunyit dengan minyak kelapa. Selanjutnya, oleskan ramuan tersebut ke bibir dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci bersih dan tepuk-tepuk bibir hingga kering.

Penting untuk diingat, kunyit bisa menyebabkan bibir dan kulit di sekitarnya menjadi berwarna kuning sementara.

5. Gunakan Buah Bit

Cara selanjutnya untuk memiliki bibir pink alami dapat dilakukan dengan buah-buahan berwarna merah, seperti buah bit. Menurut Dokter Sara, buah-buahan ini mengandung pewarna alami yang bisa digunakan untuk mewarnai bibir.

Kamu bisa membuat jus buah bit, kemudian mengoleskannya langsung ke bibir dengan menggunakan ujung jari. Lalu, biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat, lakukan cara yang satu ini sebanyak dua kali seminggu.

6. Pakai Lip Balm 

cara memerahkan bibir secara alami

Cara memerahkan bibir secara alami dalam 1 hari bisa dengan menggunakan lip balm yang mengandung minyak peppermint.

Kandungan mentol di dalam minyak peppermint dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga bibir bisa menjadi merah sementara.

Meski tampak praktis, namun American Academy of Dermatology tidak menyarankan untuk menggunakan mentol dan peppermint pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Pasalnya, kandungan tersebut bisa memicu terjadinya iritasi.

7. Aplikasikan Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya bisa membantu bibir tetap terhidrasi dengan baik, sehingga nantinya bibir tampak lebih lembut dan berwarna merah alami.

Untuk membuat masker bibir lidah buaya, kamu perlu mencampur gel lidah buaya yang baru diekstrak dari tanaman dengan madu. Oleskan kedua bahan tersebut ke bibir dan biarkan selama 15 menit.

8. Teteskan Jus Lemon

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, jus lemon juga dapat membantu memerahkan bibir secara alami.

Perasan air lemon dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati, sehingga membuat bibir tampak lebih cerah. Coba gosokkan jus lemon ke bibir secara perlahan untuk mendapatkan hasil yang instan.

Namun sebelum menggunakannya, pastikan bibirmu tidak pecah-pecah atau kering, ya!

Artikel Lainnya: Fakta Sehat Memerahkan Bibir secara Alami dengan Stroberi

9. Oleskan Vitamin E

Untuk membuat bibir lebih cerah dan tampak lebih sehat, kamu bisa menggunakan vitamin E yang langsung dioleskan ke bibir.

Jenis vitamin yang satu ini dapat membantu regenerasi sel-sel kulit, meningkatkan sirkulasi darah, dan mencegah garis-garis halus.

Gunakan juga pelembap bibir yang mengandung minyak esensial di dalamnya. Kandungan tersebut biasanya mengandung emolien alami yang dapat membuat bibir tampak merah muda dan lebih lembap.

10. Gunakan Tabir Surya

Sering kali, kebanyakan orang hanya fokus menggunakan tabir surya di area dahi, hidung, pipi, dan dagu. Mereka melupakan area bibir yang ternyata juga memerlukan penggunaan sunscreen.

Padahal, penggunaan tabir surya di bibir bisa membantu mencegah bibir menjadi lebih gelap akibat paparan sinar matahari.

Untuk itu, kamu bisa membeli lip balm yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi agar bisa menghalau paparan sinar matahari langsung. Pastikan untuk membawanya kemana pun kamu pergi dan oleskan secara rutin.

11. Konsumsi Tomat

Tomat menjadi salah satu pilihan yang bisa digunakan untuk membuat bibir menjadi lebih sehat dan tampak merah muda.

Bahan alami yang satu ini mengandung selenium yang dapat melindungi bibir dari paparan sinar matahari. Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung dengan menambahkannya ke dalam salad.

Selain itu, bisa juga dengan menumbuknya secara halus dan mengoleskannya langsung ke bibir.

12. Gunakan Stroberi

Stroberi mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat mencegah bibir menjadi gelap. Tak heran, banyak produk lip balm yang menggunakan bahan alami tersebut.

Kamu bisa menggunakan campuran stroberi, madu, dan minyak zaitun untuk melembapkan sekaligus membuat bibir menjadi lebih pink. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, oleskan campuran ini ke bibir sebanyak 3-4 kali seminggu.

Nah, cara-cara di atas bisa kamu lakukan secara rutin untuk mendapatkan bibir yang merah alami. Untuk mendukung bibir agar lebih cerah, #JagaSehatmu dengan mencukupi asupan nutrisi dengan banyak makan buah dan sayur.

Bila sulit untuk mencerahkan bibir yang gelap, jangan sungkan untuk minta bantuan dokter. Gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi secara praktis.

(NM)

bibirPerawatan WajahBibir MerahMerah Alami

Konsultasi Dokter Terkait