Sukses

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Lemak di Pinggang

Sebelum celana semakin sempit, yuk mulai cari cara untuk mengikis lemak di pinggang Anda!

Lemak berlebih pada tubuh biasanya akan disebar ke seluruh tubuh atau justru disimpan di tempat spesifik, seperti di sekitar pinggang dan perut. Lemak yang menumpuk di pinggang memang sangat mengganggu. Selain membahayakan kesehatan, lemak pinggang juga dapat memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri. Ikuti beberapa kiat di bawah ini untuk menyingkirkan lemak pinggang:

  1. Katakan tidak pada gula

Mengonsumsi gula membuat Anda mudah menumpuk lemak pada pinggang. Yang sering Anda lupa dan tidak sadar adalah kadar gula yang sangat tinggi pada minuman kaleng –termasuk jus, kopi, teh, dan soda. Apalagi dengan minum, Anda tidak merasakan kenyang dan cenderung akan mengonsumsi minuman tinggi gula tersebut dengan jumlah yang banyak.

  1. Makan lebih banyak protein

Protein adalah salah satu sumber nutrisi yang dapat membantu mengikis lemak pinggang. Protein dapat mengurangi nafsu mengudap dan membuat Anda lebih kenyang. Selain itu, protein juga dapat meningkatkan metabolisme Anda dan membakar lebih banyak kalori (80-100 kalori per hari). Dengan mengonsumsi protein, Anda dapat mengurangi kalori total yang Anda konsumsi per hari hingga 441 kalori.

  1. Makanan tinggi serat

Serat memang baik untuk menurunkan berat badan. Tapi, jangan salah! Hanya serat yang larut dan kental (soluble and viscous) yang dapat memengaruhi berat badan Anda. Serat yang larut dalam air ini akan membentuk semacam gel yang kental, sehingga akan tertinggal lama di saluran pencernaan. Hal tersebut dapat memperlambat penyerapan nutrisi, membuat kenyang lebih lama, serta menurunkan nafsu makan. Serat yang dimaksud dapat ditemukan pada kacang-kacangan, flax seeds, asparagus, kubis Brussel, dan gandum.

  1. Hindari karbohidrat

Karbohidrat banyak dianggap sebagai musuh orang diet. Sebenarnya hal ini bisa dikatakan benar karena dengan mengurangi karbohidrat, nafsu makan menurun dan berat badan pun turun. Beberapa penelitan juga menyimpulkan bahwa diet rendah karbohidrat 2-3 kali lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan dengan diet rendah lemak.

  1. Rutin berolahraga

Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga berat badan ideal. Untuk menghilangkan lemak pinggang, lakukan olahraga aerobik seperti jogging, lari, dan berenang. Ketiganya sudah terbukti dapat menurunkan lemak pinggang secara signifikan. Apabila dikombinasikan dengan resistance training seperti mengangkat beban, maka dapat mencegah lemak kembali di sekitar pinggang. Menurut penelitian di Harvard, berolahragalah minimal 60 menit sehari untuk menghilangkan lemak berlebih.

  1. Catat makanan yang dikonsumsi

Sering kali Anda tidak sadar apa saja dan berapa banyak yang sudah Anda makan pada hari ini. Dengan membuat catatan makanan harian, Anda dapat mengontrol jenis dan jumlah makanan yang Anda konsumsi. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan dan bahkan menghilangkan lemak pinggang.

Terapkanlah kiat-kiat di atas secara konsisten, dan perut rata bukan lagi sekadar mimpi!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar