Sukses

Ini Penyebab Timbunan Lemak di Pinggang

Penasaran kenapa banyak lemak menumpuk di pinggang Anda? Jawaban lengkapnya ada di sini.

Lemak terdapat di seluruh tubuh Anda, bahkan di bagian terkecil seperti sel tubuh. Ada dua jenis lemak, yakni lemak subkutan dan viseral. Lemak subkutan terdapat di bawah kulit dan dapat terlihat saat Anda mencubit kulit. Sedangkan, lemak viseral terdapat di antara organ dalam ruang perut Anda. Lemak yang berlebihan pada tubuh akan menumpuk di sekitar pinggang dan perut sehingga menyebabkan perut buncit.

Berikut adalah enam penyebab penumpukan lemak di pinggang dan perut:

  1. Makanan tinggi kalori dan minuman tinggi gula

Penumpukan lemak mudah terjadi apabila Anda memasukkan kalori yang berlebihan pada tubuh. Hal ini sangat mudah Anda lakukan dan bahkan sering tidak disadari. Contoh dari makanan dan minuman tersebut adalah junk food, gorengan, dan minuman kaleng baik kopi, teh, maupun soda.

  1. Jarang berolahraga

Kurang berolahraga bahkan tidak berolahraga sama sekali dapat menyebabkan penumpukan lemak di pinggang. Olahraga dibutuhkan untuk pembakaran kalori berlebih yang masuk ke tubuh Anda. Lemak di sekitar perut dan pinggang akan meningkat sebanyak 25-38% apabila Anda tidak berolahraga selama 1 tahun.

  1. Kurang tidur

Tidur kurang dari 5 jam sehari dapat menyebabkan kenaikan berat badan, bahkan obesitas baik pada pria maupun wanita. Mekanisme yang mungkin menyebabkan hal tersebut adalah ketidakseimbangan energi, hormon yang tidak normal, dan perilaku metabolik yang berubah seperti meningkatnya kelaparan dan menurunnya aktivitas fisik.

  1. Gaya hidup yang tidak sehat

Perhatikan gaya hidup Anda selama ini; apakah Anda seorang perokok atau peminum alkohol berat? Gaya hidup yang tidak sehat ini dapat menyebabkan penumpukan lemak pada pinggang. Merokok dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh dan menyebabkan penumpukan lemak pada pinggang. Sementara itu, alkohol dapat menekan pembakaran lemak dan kalori tinggi dari alkohol disimpan sebagai lemak pada pinggang.

  1. Stres

Stres membuat tubuh Anda memproduksi hormon kortisol (hormon stres). Ketika stres tinggi, hormon ini akan diproduksi secara berlebihan. Hormon ini dapat mengubah pola penyimpanan lemak pada tubuh, dari seluruh tubuh menjadi fokus pada daerah pinggang dan perut.

  1. Keturunan/genetik

Keturunan adalah salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan perut buncit. Gen dapat membuat tubuh memiliki kecondongan menyimpan lemak di bagian tubuh seperti perut. Gen juga berhubungan dengan hormon leptin dan kortisol, yang mengatur jumlah makanan yang dikonsumsi dan berat badan. Kebiasaan makan dan olahraga pun biasanya diturunkan dari keluarga.

Penumpukan lemak sering terjadi pada bagian pinggang dan perut ketika kalori berlebihan. Hal ini dapat dicegah apabila Anda sudah mengetahui penyebabnya. Jadi, hindarilah hal-hal di atas agar terhindar dari perut buncit!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar