Sehat dan Bugar

Latihan Sederhana di Kantor untuk Mengecilkan Perut

dr. Dyan Mega Inderawati, 15 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Untuk menyingkirkan perut buncit, tidak melulu harus ke pusat kebugaran. Dengan latihan sederhana, perut rata dan kencang bisa didapatkan, bahkan ketika Anda bekerja di balik meja.

Latihan Sederhana di Kantor untuk Mengecilkan Perut

Waktu yang terbatas sering kali menjadi hambatan sulitnya berolahraga. Jam kerja yang padat dan waktu istirahat yang sempit menjadikan seseorang lebih banyak duduk di meja kerja ketimbang melakukan aktivitas fisik. Sedentary life atau gaya hidup pasif inilah yang kemudian dapat menyebabkan penumpukan lemak, termasuk di perut. Padahal, perut buncit adalah cikal bakal terjadinya berbagai gangguan kesehatan di kemudian hari.

Dengan rata-rata 8 jam kerja setiap harinya, dalam satu tahun, waktu yang Anda habiskan di balik meja kantor adalah sekitar 1800-1900 jam. Bayangkan jika dalam jam kerja ini, Anda bisa menyisipkan latihan untuk mengencangkan perut. Perut rata dan kencang tidak lagi mustahil Anda dapatkan!

Saat di kantor, Anda bisa melakukan tiga latihan sederhana ini untuk menyingkirkan perut buncit: 

1. Plank Pose

Posisi plank ini dilakukan dengan posisi berdiri. Letakkan kedua telapak tangan Anda di atas meja yang permukaannya datar, telungkup menghadap ke depan. Luruskan siku Anda lalu posisikan kaki Anda lurus ke belakang, menjauhi tubuh. Selama dalam posisi ini, usahakan agar tumit Anda selalu menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama 1-2 menit. Dengan melakukannya beberapa kali dalam sehari, otot-otot perut perlahan akan mengencang dan lemak di perut juga akan berkurang.

2. Stretch Your Body

Lakukan gerakan-gerakan peregangan ringan yang terfokus pada pengencangan otot perut. Caranya mudah. Dalam posisi duduk, luruskan kedua tangan ke atas. Pertemukan kedua telapak tangan di atas kepala dan arahkan ke depan. Pada saat bersamaan, luruskan kedua kaki Anda ke arah depan dan angkat mendekati kepala. Bayangkan seolah-olah Anda sedang membentuk huruf ‘C’ dengan tubuh Anda, dan tahan selama 10-20 detik. Gerakan ini dapat melatih otot perut, membakar lemak, dan mengurangi perut buncit.

3. Jaga Postur Tetap Tegak

Selama bekerja di balik meja, usahakan untuk selalu mempertahankan postur tubuh tetap tegak. Selain baik untuk tulang belakang, postur tubuh yang tegak juga turut menjaga kekencangan otot perut. Sesering mungkin, tarik perut Anda ke arah dalam untuk meningkatkan tarikan otot. Bila dilakukan setiap hari, bukan tidak mungkin perut buncit akan hilang dari kehidupan Anda!

Ketiga latihan sederhana ini mudah dilakukan dan dapat Anda praktikkan dalam keseharian di kantor. Kuncinya, tetap semangat dan jaga kontinuitas dalam berlatih. Dengan demikian, tumpukan lemak di perut akan perlahan berkurang dan perut jadi lebih rata serta kencang. Jadi, sudah siap ucapkan selamat tinggal pada perut buncit?

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[RS/RH]

latihanOlahragaMengecilkan Perut

Konsultasi Dokter Terkait