Sukses

Rajin Bersihkan Wajah, Tapi Kulit Masih Kering dan Kusam?

Mungkin Anda tak pernah lupa membersihkan wajah. Tapi jika cara yang dilakukan kurang tepat, maka hasilnya pun akan sama saja. Kulit tetap kering atau malah bertambah kusam.

Berapa banyak dari Anda yang merasa sudah rajin membersihkan wajah, tapi hasil yang diharapkan tidak juga didapat? Nyatanya, banyak yang mengeluhkan bahwa semakin sering membersihkan wajah, kulit justru semakin bermasalah. Apa yang salah?

Kesalahan dalam membersihkan wajah sering kali tidak disadari. Baik dari pemilihan produk, frekuensi membersihkan wajah, caranya, hingga perawatan setelah membersihkan wajah. Ini yang rawan dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Jangan sampai cara yang dianggap benar malah merusak kulit.

  • Terlalu sering membersihkan wajah

Sebagian orang menganggap bahwa semakin sering mencuci wajah, kulit wajah akan semakin bersih dan cerah. Hal ini sama sekali tidak benar.Kulit wajah sebenarnya memiliki lapisan-lapisan yang berfungsi melindungi dan memberikan kelembapan alami.

Bila terlalu sering mencuci wajah, lapisan pelindung akan hilang dan kelembapan wajah menjadi berkurang. Akibatnya, kulit wajah menjadi semakin kering dan kusam. Bagi Anda pemilik jenis kulit berminyak, kondisi ini akan memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Risikonya akan terjadi pori dan kulit wajah jadi mudah berjerawat.

Lalu, berapa kali dalam sehari sebaiknya membersihkan wajah? Batasi membersihkan wajah hanya satu kali di pagi hari dan satu kali di malam hari, setelah semua aktivitas Anda selesai. Selain waktu tersebut, pembersihan wajah hanya dianjurkan setelah beraktivitas yang menyebabkan keringat berlebih.

  • Membasuh wajah langsung di bawah shower

Membersihkan wajah dengan membasuhnya langsung di bawah shower ternyata juga tidak baik bagi kesehatan kulit. Tekanan yang diberikan rintik air ini dapat merusak pembuluh darah kecil di permukaan wajah. Bila menggunakan suhu yang terlalu tinggi juga akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan terlihat kemerahan, terutama di daerah pipi.

Jadi, usahakan membasuh wajah dengan air yang ditampung di tangan dan suhu yang tidak terlalu panas. Sebagai patokan, suhu yang Anda anggap nyaman untuk membasuh tubuh merupakan suhu yang terlalu tinggi untuk digunakan membasuh wajah. Karenanya, cukup gunakan air yang sedikit lebih hangat dari air keran di rumah Anda.

  • Menggosok kulit wajah dengan handuk

Hal lain yang harus diperhatikan setelah membersihkan wajah adalah cara mengeringkannya. Keringkan wajah dengan handuk yang lembut dan dengan cara ditepuk-tepuk. Selama ini, orang beranggapan bahwa menggosok handuk ke wajah akan membantu mengangkat sisa kotoran yang masih tertinggal, padahal cara ini hanya akan mengiritasi kulit wajah. Akibatnya, wajah akan terlihat kusam atau bahkan kemerahan.

Manakah dari cara tersebut yang pernah Anda lakukan? Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa kulit wajah tetap kusam, kering, atau bahkan berjerawat. Ingat, kulit wajah merupakan jenis kulit yang paling sensitif dibandingkan dengan kulit lain di tubuh. Oleh karena itu, perawatannya juga harus dilakukan dengan lembut dan berhati-hati.

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar