Sukses

5 Langkah Membersihkan Wajah yang Benar

Membersihkan wajah tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah membersihkan wajah justru dapat membuat kulit terlihat lebih kusam, atau bahkan jerawatan. Lalu, bagaimana cara yang benar dalam membersihkan wajah?

Kunci agar wajah selalu terlihat segar dan cerah adalah dengan menjaganya tetap bersih. Wajah yang terjaga baik kebersihannya tidak hanya berkilau di luar, tetapi juga sehat di dalamnya. Namun, tidak sedikit yang mengeluh wajahnya menjadi lebih bermasalah justru setelah membersihkan wajah.

Membersihkan wajah memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Faktanya, kulit wajah merupakan jenis kulit yang tergolong paling sensitif dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lainnya. Dengan demikian, perawatan wajah harus dilakukan dengan saksama dan hati-hati.

American Academy of Dermatology, sebuah asosiasi dokter kulit di Amerika Serikat, merekomendasikan beberapa langkah efektif dalam membersihkan wajah. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan pembersih yang lembut dan tidak mengandung alkohol

Bagaimana dengan pembersih yang mengandung butiran kasar? Pembersih yang mengandung butiran kasar ini tidak direkomendasikan untuk digunakan harian. Butiran kasar dapat mengikis lapisan luar kulit serta mengiritasi kulit bila digunakan terlalu sering.

  1. Basuh wajah dengan air yang sedikit hangat, dan gunakan pembersih dengan ujung jari

Alat terlembut dan termudah untuk membersihkan wajah adalah jari Anda. Penggunaan kain, sponge, atau alat lain selain jari dapat menyebabkan pergesekan berlebihan pada kulit wajah dan menimbulkan iritasi.

  1. Bilas wajah dengan air yang sedikit hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Kuncinya adalah membasuh wajah dengan sempurna, sesibuk apa pun Anda. Daerah di bawah dagu, perbatasan rambut, serta lipatan hidung adalah daerah-daerah yang sering kali tidak terbilas sempurna. Pembersih yang tersisa di wajah ini akan membuat sumbatan pada pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, mengeringkan wajah ternyata juga ada ilmunya. Hindari mengeringkan wajah dengan menggosok-gosok. Sebaliknya, keringkan wajah dengan menepuk-nepuk handuk sehingga tidak menyebabkan pergesekan pada kulit wajah.

  1. Oleskan pelembap bila kulit terasa kering atau gatal

Sebaiknya pelembap digunakan segera setelah mengeringkan wajah, di mana kulit wajah masih lembap. Penggunaan pelembap saat wajah masih lembap akan meningkatkan penyerapan pelembap tersebut. Menggunakan pelembap juga harus dilakukan dengan lembut, terutama di daerah mata. Area mata memiliki kulit yang sangat tipis dan sensitif, sehingga sangat mudah iritasi.

  1. Batasi membersihkan wajah hanya dua kali sehari dan setelah banyak berkeringat saja

Mencuci wajah terlalu sering akan menghilangkan kelembapan alami wajah dan membuatnya sangat kering.

Dengan langkah-langkah membersihkan wajah yang benar, kulit wajah pun akan terhindar dari kotoran penyebab kusam serta jerawat. Alhasil, kulit wajah akan menjadi lebih bersih, cerah, dan juga sehat.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar