Sukses

Cara Alami Atasi Kulit Kering dan Bersisik

Tahukan Anda, kulit yang cenderung kering dan bersisik lebih mudah mengalami kerutan dibandingkan kulit berminyak? Pertahankan keremajaan kulit Anda dengan cara alami berikut ini.

Pada masa remaja, kulit yang berminyak sering menjadi akar permasalahan munculnya berbagai gangguan kulit seperti komedo dan jerawat. Seiring dengan bertambahnya usia, produksi minyak di kulit akan berkurang dan kulit menjadi lebih kering serta bersisik. Kulit kering inilah yang dapat mempercepat timbulnya kerutan, terutama pada wajah.

Bagaimana bila kulit kering dan bersisik ini dialami sejak remaja? Kerutan bahkan dapat muncul dini, jauh lebih awal dibandingkan dengan tipe kulit normal atau berminyak. Sebuah penelitian di Cina membuktikan bahwa kerutan kulit dapat muncul pertama kali di usia 21 tahun. Sedangkan elastisitas kulit sendiri akan mulai berkurang di usia 22 tahun.

Penggunaan pelembap yang berjenis krim dapat menjadi salah satu solusi untuk memberikan kelembutan ekstra bagi tipe kulit kering. Pelembap ini harus digunakan sesering mungkin, terutama saat beraktivitas di ruangan ber-AC. Selain pelembap, beberapa cara alami lainnya juga dapat membantu mengatasi masalah kulit kering.

  • Hindari mandi air panas

Air panas dapat menghilangkan kelembapan kulit, membuat kulit kering, bersisik, dan terlihat kusam. Untuk membuat kulit tetap lembap, biasakan mandi dengan air bersuhu normal atau sedikit lebih hangat dari air keran di rumah Anda. Selain itu, batasi waktu mandi dengan air hangat ini hanya 5-10 menit, tidak lebih.

  • Konsumsi ikan dan biji rami

Ikan dan biji rami banyak mengandung asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit. Di samping itu, asam lemak esensial juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel di kulit.

  • Perbanyak air putih

Jangan harap kulit terjaga lembap dan sehat jika porsi harian air putih tidak tercukupi. Faktanya, 64% kulit kita terdiri dari air. Jadi bila kurang minum air, otomatis kulit akan menjadi kering, bersisik, dan mudah mengalami kerutan. Cukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum sedikitnya delapan gelas per hari.

Cara-cara tersebut merupakan langkah yang mudah diterapkan dan terbukti efektif bila Anda konsisten. Prinsipnya, semakin awal Anda menjaga kulit tetap lembap dan sehat, semakin jauh juga risiko kulit kering, bersisik, dan berkerut. Dengan demikian, penuaan dini juga dapat semaksimal mungkin dihindari.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar