Sukses

Jangan Langsung Makan Buah Sehabis Makan

Buah sering kali dimasukkan ke dalam menu makanan penutup. Benarkah buah lebih baik dikonsumsi sehabis makan?

Setelah menyantap makanan utama, kita sering kali masih mengonsumsi makanan penutup. Makanan penutup tersebut dapat berupa kue, es krim, atau lebih seringnya, buah.

Mengonsumsi buah sehabis makan umum dilakukan orang-orang. Buah dianggap sebagai makanan yang sehat, bergizi, dan jauh dari kesan ‘jahat’.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Meskipun buah adalah makanan yang sehat, bernutrisi, dan rata-rata berkalori rendah, waktu untuk mengonsumsi buah juga perlu diperhatikan.

Beberapa ahli berpendapat bahwa mengonsumsi buah tepat setelah makan makanan besar dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti kembung dan begah. Apalagi jika buah dikonsumsi dalam porsi banyak (lebih dari 175 gram sekali makan).

Selain itu, makan buah setelah kenyang sehabis makan makanan utama juga dapat menggagalkan program diet Anda. Penyebabnya karena adanya tambahan kalori yang tidak dibutuhkan ke dalam tubuh.

Agar memperoleh manfaat kesehatan yang optimal dari buah, disarankan untuk makan buah saat perut kosong di pagi hari, setelah minum segelas air putih. Alternatif lain, Anda dapat mengonsumsi buah 30 menit hingga 2 jam setelah makan utama.

Dengan konsumsi buah di waktu yang tepat, Anda pun dapat memetik manfaat kesehatan yang optimal.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar