Kesehatan Umum

Apa Saja yang Diperiksa di Tes Kesehatan Sebelum Masuk Kerja?

dr. Theresia Rina Yunita, 13 Apr 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tes kesehatan adalah salah satu tes yang harus kamu lewati saat akan memasuki tempat kerja baru. Yuk, baca dulu artikel ini supaya lebih tenang.

Apa Saja yang Diperiksa di Tes Kesehatan Sebelum Masuk Kerja?

Setiap orang akan menjalani berbagai tes sebelum bekerja di suatu perusahaan. Tes ini biasanya meliputi wawancara, keahlian, psikotes, dan kesehatan. Nah, tes kesehatan ditujukan untuk mengecek kondisi kesehatan calon karyawan, memastikan bahwa mereka sehat dan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan. Juga untuk memastikan calon karyawan tidak terkena penyakit menular.

Mengetahui kesehatan calon karyawan mungkin menjadi pertimbangan perusahaan untuk menyesuaikan kondisi kesehatan dengan pekerjaan yang akan ditangani. Di samping itu, karyawan yang memiliki masalah kesehatan tertentu, lebih mungkin mendapatkan penanganan yang tepat jika suatu saat penyakitnya kambuh di kantor.  Jadi, apa saja tes kesehatan masuk kerja?

Berikut adalah berbagai tes kesehatan untuk masuk kerja yang mungkin perlu kamu ikuti:

1. Pemeriksaan Riwayat Kesehatan

Pada pemeriksaan ini dokter akan melakukan wawancara seputar pasien. Beberapa hal yang ditanya : 

  • Keluhan yang dirasakan
  • Riwayat menjalani perawatan di rumah sakit 
  • Obat-obatan yang pernah dikonsumsi 
  • Riwayat kesehatan anggota keluarga 

Artikel lainnya: Jenis-Jenis Tes Darah yang Perlu Diketahui

2. Pemeriksaan Tanda Vital

Pemeriksaan ini seputar keadaan secara umum pasien, yaitu:

  • Tekanan darah akan diukur menggunakan tensimeter. Tekanan darah normal yaitu 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg
  • Denyut nadi, denyut jantung normal adalah 60-100 kali per menit
  • Laju pernapasan normal yaitu sekitar 12-20 kali per menit 
  • Suhu tubuh normal adalah 36-37C
  • Berat badan, mengetahui nilai indeks massa tubuh yang normal

3. Pemeriksaan Fisik

Selanjutnya, tes kesehatan untuk melamar kerja di suatu perusahaan dapat berupa pemeriksaan fisik yang mencakup:

Pemeriksaan Mulut 

Pasien akan diminta membuka mulut dan dokter akan memeriksa keadaan tenggorokan dan gigi pasien. Kemudian, dokter akan memeriksa apakah terdapat gangguan seperti amandel, gigi berlubang, atau gangguan pada mulut lainnya.

Pemeriksaan Mata

Tes mata meliputi tes ketajaman penglihatan dan buta warna. Pada tes ketajaman penglihatan, kamu akan diminta untuk membaca huruf atau angka pada snellen chart yang berjarak 6 meter dari tempat kamu duduk.

Pemeriksaan Paru 

Dokter akan memeriksa suara pernapasan menggunakan stetoskop untuk mendeteksi adanya kelainan, suara ronki, dan suara mengi. 

Pemeriksaan Jantung

Dokter akan memeriksa suara jantung pasien menggunakan stetoskop. 

Pemeriksaan Perut

Dokter akan mendengarkan bising usus dan keberadaaan cairan perut.

Pemeriksaan Kulit 

Dokter akan memeriksa bentuk kelainan pada daerah kulit, kemerahan, atau bercak tidak normal.

Pemeriksaan Saraf

Pemeriksaan saraf untuk mengukur kelainan pada otot dan refleks saraf.

Artikel lainnya: Kapan Kamu Memerlukan Pemeriksaan EKG Jantung?

4. Pemeriksaan Mental

Pemeriksaan ini bertujuan untuk untuk melihat motivasi kerja karyawan dan kemampuan beradaptasi. Mengingat dunia kerja erat kaitannya dengan stres.

5. Pemeriksaan Penunjang

Cek kesehatan untuk kerja yang biasanya direkomendasikan perusahaan, meliputi:

  • Tes darah. Tujuannya untuk melihat apakah calon karyawan mengalami anemia, infeksi tertentu, hepatitis, HIV, dan gangguan ginjal atau hati.
  • Tes urin. Tes ini dilakukan untuk melihat adanya penggunaan obat-obatan terlarang, alkohol, infeksi saluran kencing, dan kerusakan ginjal.
  • Tes feses. Pemeriksaan ini ditujukan untuk mengecek feses dan menganalisa kandungan bakteri. Tujuannya adalah untuk memeriksa pencernaan pasien. Hal ini dapat membantu dokter untuk mendiagnosis radang usus. 
  • Tes EKG. Elektrokardiografi dilakukan untuk melihat adanya kelainan pada aktivitas listrik yang dihasilkan oleh jantung. 
  • Tes Rontgen. Tes kesehatan untuk kerja ini membantu dokter melihat corakan paru pada TBC, bronkitis, atau penyakit paru obstruktif kronis. Pada foto rontgen gambaran padat akan berwarna putih dan udara akan berwarna kehitaman. 
  • Tes USG. Tes pencitraan ini akan membantu untuk melihat bagian perut dengan tindakan non invasif. Disini akan terlihat lebih jelas, organ-organ dalam tubuh seperti lambung, usus, ginjal, kandung kemih.

Artikel lainnya: Prosedur Tes Kultur Tinja untuk Deteksi Gangguan Perut

Lewat ulasan di atas, kamu jadi tahu, kan, tes kesehatan apa saja untuk melamar kerja? Semoga kondisi kesehatan kamu terjaga sehingga hasil pemeriksaannya juga bagus. Caranya mudah, selalu #JagaSehatmu dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang.

Kamu bisa mendapatkan banyak informasi kesehatan teraktual dengan mengunduh aplikasi Klikdokter. Pada fitur Tanya Dokter, kamu bisa melakukan konsultasi dengan banyak dokter yang ahli dalam bidangnya.

(APR/NM)


kerjaujianTes Kesehatan

Konsultasi Dokter Terkait