Sukses

Manfaat Minyak Esensial untuk Kecantikan

Walaupun teknologi di dunia kecantikan telah berkembang pesat, bahan alami tetap mendapat tempat di hati masyarakat. Salah satunya adalah minyak esensial.

Teknologi berkembang kian pesat pada era ini. Berbagai krim dan prosedur perawatan yang canggih –seperti laser dan operasi plastik– terus dikembangkan untuk mengoptimalkan kecantikan. Namun, dengan kemajuan teknologi ini, ternyata masih banyak orang yang tertarik untuk kembali ke alam.

Back to nature. Ya, saat ini banyak orang malah berlomba-lomba untuk mencari sumber alami untuk memperoleh kulit yang cantik dan awet muda. Salah satu dari pencarian tersebut jatuh kepada minyak esensial.

Minyak esensial merupakan minyak alami yang diekstraksi dari bunga, daun, batang, buah, dan akar tumbuhan. Minyak ini diyakini memiliki khasiat terhadap kecantikan kulit.

Ada beberapa jenis minyak esensial yang dipercaya –dan telah terbukti– bermanfaat bagi kecantikan kulit, yaitu:

  • Lavender

Selain bermanfaat untuk membantu regenerasi kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu memudarkan flek, wangi minyak lavender juga dapat menenangkan jiwa dan pikiran.

  • Mawar

Minyak esensial mawar sangat baik untuk menutrisi kuit yang kering dan menua. Mawar dapat mengembalikan kelembapan kulit dan membantu meratakan tekstur dan warna kulit. Selain itu, minyak ini juga memiliki efek antikuman dan anti peradangan.

  • Tea Tree

Minyak esensial tea tree sudah dikenal luas bermanfaat bagi kulit berjerawat. Minyak ini dapat membantu mengeringkan dan menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Di samping itu, minyak tea tree memiliki efek antibakteri dan dapat mengatur keseimbangan kadar minyak dalam kulit, sehingga dapat mencegah jerawat datang kembali.

Rosehip

Minyak rosehip sangat kaya akan vitamin C, sehingga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Seperti yang diketahui, kolagen sangat penting untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Rosehip juga kaya akan antioksidan dan memiliki efek anti peradangan, sehingga dapat mencegah penuaan dini kulit akibat radikal bebas.

Argan

Minyak argan dari Maroko disebut-sebut sebagai minyak yang sangat berharga bagi kecantikan. Mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan squalane, minyak argan mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk memperbaiki elastisitas kulit dan membantu menghilangkan flek.

Ingin beralih ke bahan-bahan alami untuk kecantikan kulit? Minyak esensial bisa menjadi pilihan yang tepat. Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan atau kondisi kulit Anda.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar