Sukses

5 Kebiasaan yang Menyebabkan Diare pada Anak

Tahukah Anda bahwa sebagian besar kasus diare pada anak disebabkan oleh kebiasaan yang dilakukan sehari-hari? Ini 5 di antaranya.

Diare adalah penyakit yang sering menimpa usia anak-anak. Penyakit ini diartikan sebagai meningkatknya frekuensi buang air besar, dengan konsistensi cair. Pada anak-anak, seringkali penyebabnya adalah kebiasaan sehari-hari.

Virus dan bakteri adalah penyebab diare yang paling sering. Tanpa disadari, kedua mikroorganisme jahat ini bisa masuk ke dalam tubuh anak begitu saja akibat kebiasaan yang mereka lakukan. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Memasukkan mainan/benda lainnya ke dalam mulut

Anak dalam fase oral (sampai dengan usia 1 tahun) mempunyai kebiasaan memasukkan benda di sekitarnya ke dalam mulut. Ini adalah fase normal yang pasti dilewati oleh semua anak usia tersebut.

Jika tidak ingin anak Anda terserang diare, perhatikan kebersihan semua barang yang ada di sekitarnya. Meskipun berada di dalam ruangan, Anda harus tetap waspada. Cucilah barang/benda/mainan tersebut sesering mungkin.

  1. Lupa mencuci tangan

Tangan adalah bagian tubuh manusia yang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda sekitar. Melalui sentuhan-sentuhan tersebut, bakteri dan virus dapat masuk ke dalam tubuh anak Anda.

Jika Anda tidak menanamkan kebiasaan mencuci tangan pada anak, bukan tidak mungkin jika ia dapat dengan mudah terserang diare. Meski terlihat sederhana, mencuci tangan bisa mencegah masuknya virus dan bakteri.

  1. Makanan yang tidak dicuci terlebih dahulu

Sayuran dan buah-buahan yang dimakan begitu saja oleh anak, sebaiknya dicuci dengan bersih terlebih dahulu.

  1. Jajan sembarangan

Anak yang sudah sekolah sering tergoda untuk membeli makanan di pinggir jalan dekat sekolahnya. Meski terlihat menarik dan enak, makanan tersebut belum tentu sehat dan terjamin kebersihannya.

Jadi, hindarkan anak Anda dari risiko diare dengan tidak jajan sembarangan. Anda juga bisa menyiasatinya lewat bekal makanan yang disiapkan sendiri.

  1. Bermain di sembarang tempat

Kebanyakan anak senang bermain di tempat umum. Tetaplah waspada. Pasalnya, bisa saja mainan-mainan di taman tersebut tidak dibersihkan dalam waktu yang lama. Jadi, bukan tidak mungkin jika mainan tersebut mengandung bakteri penyebab diare dan penyakit lainnya pada anak.

Diare adalah penyakit berbahaya yang bisa merenggut nyawa korbannya. Dengan memerhatikan hal di atas, Anda turut membantu melindungi kelangsungan hidup si Kecil.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar