Seks

Awas, Hubungan Seksual Bisa Bikin Jantungan

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 10 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hubungan seksual memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, kegiatan ini juga dapat menyebabkan serangan jantung, lho! Cari tahu alasannya di sini.

Awas, Hubungan Seksual Bisa Bikin Jantungan

Pada tahun 2009, sebuah kasus kematian akibat berhubungan seksual ramai dibicarakan. William Martinez, 31 tahun, seorang polisi di Atlanta, ditemukan tidak sadarkan diri dan dinyatakan meninggal ketika sedang berhubungan seksual dengan seorang wanita. Mengejutkan?

Hubungan seksual adalah suatu hal yang menimbulkan rasa bahagia bagi pasangan suami istri. Tak hanya itu, aktivitas tersebut juga terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Pasalnya, melakukan hubungan seksual dapat membakar lima kalori per menit sama seperti saat Anda berolahraga. Aktivitas ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan stres. Di samping itu, hubungan seksual juga dapat menurunkan tekanan darah, baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko kanker prostat.

Namun di balik itu semua, penelitian terkini menyebutkan bahwa hubungan seksual dapat menyebabkan serangan jantung. Serangan jantung akibat seks khususnya dapat terjadi pada pria yang sudah berusia di atas 50 tahun dan memiliki berat badan berlebih.

Bahkan risikonya terkena serangan jantung pada 1 jam pertama setelah berhubungan seksual mencapai 2 kali lipat dibanding yang tidak melakukannya. Risiko ini bisa menjadi 4 kali lipat jika mereka hanya sedikit atau tidak berolahraga sama sekali.

Tak hanya sampai di situ. Studi lain juga menemukan hubungan antara seks dan penyakit tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Pria lansia yang berhubungan seks 1 kali atau lebih dalam seminggu, berisiko 2 kali lipat mengalami kondisi tersebut dalam waktu 5 tahun.

Meskipun mereka menggangap hubungan seks tersebut sangat memuaskan. Hal tersebut mungkin terjadi terkait fungsi tubuh manusia yang menurun seiring bertambahnya usia. Di samping itu, pria lansia juga memiliki lebih banyak masalah seksual –seperti disfungsi ereksi dan lebih sulit mencapai orgasme.

Dengan demikian, mereka membutuhkan usaha ekstra untuk mencapai orgasme sehingga dapat berdampak pada kelelahan dan membahayakan jantung. Belum lagi jika mengonsumsi obat kuat, yang sebenarnya memiliki dampak buruk bagi kesehatan jatung.

Memang, hubungan seksual dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Namun jika Anda adalah pria yang sudah lanjut usia –khususnya dengan badan berlebih, ada serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lain yang mengintai.

(NB/RH)

Hubungan seksJantungSerangan Jantung

Konsultasi Dokter Terkait