HomeInfo SehatJantungYang Perlu Anda Tahu Soal Pemasangan Ring Jantung
Jantung

Yang Perlu Anda Tahu Soal Pemasangan Ring Jantung

dr. Dina Kusumawardhani, 09 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ketahui lebih jauh soal terapi ring jantung dan prosedur pemasangannya di sini.

Yang Perlu Anda Tahu Soal Pemasangan Ring Jantung

Saat ini, penyakit jantung terutama penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia. Penyakit jantung koroner merupakan suatu kondisi di mana pembuluh darah arteri koroner di jantung tersumbat akibat penumpukan plak.

Arteri koroner berfungsi menyuplai darah ke otot-otot jantung agar jantung dapat bekerja dengan baik. Plak akibat penimbunan lemak dapat menyebabkan gangguan suplai darah atau oksigen ke jantung dan memicu serangan jantung.

Ada beberapa faktor risiko pada penderita penyakit jantung koroner. Beberapa di antaranya adalah usia lebih dari 40 tahun, merokok, hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Ring atau stent adalah salah satu terapi untuk menghilangkan sumbatan dan menjaga agar pembuluh darah arteri koroner tetap terbuka. Ring ini merupakan tabung kecil yang terbuat dari jalinan logam dengan diameter 2-4 mm.

Pemilihan ukuran ring ditentukan oleh dokter berdasarkan diameter pembuluh darah dan penyempitannya. Sedangkan prosedur pemasangan ring biasanya berlangsung sekitar 30 menit sampai 2 jam, tergantung dari kondisi pasien.

Berikut adalah prosedurnya:

  • Dokter akan memberikan anestesi atau bius lokal di daerah yang akan dilakukan penusukan. Penusukan dilakukan pada pembuluh darah di pergelangan tangan, pangkal paha, atau leher. Selang kateter dimasukkan ke dalam pembuluh darah yang sudah ditentukan sampai ke jantung, dipandu oleh sinar-X.
  • Cairan kontras dimasukkan melalui kateter agar sumbatan dapat terlihat jelas. Pasien mungkin akan merasakan sensasi panas saat kontras disuntikkan.
  • Kemudian dimasukkan ring yang di bagian dalamnya terdapat balon yang masih kempis.
  • Setelah berada di dalam pembuluh darah yang dimaksud, balon dikembangkan sehingga ring juga ikut mengembang. Saat balon mengembang, pembuluh darah arteri menjadi tersumbat sehingga dapat menyebabkan nyeri dada. Hal ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan.
  • Setelah terpasang dengan baik, balon dikempiskan lagi dan dikeluarkan. Ring tetap terpasang dan menjaga arteri koroner tetap terbuka. Nyeri dada akan berkurang segera saat balon dikempiskan.
  • Kemudian selang kateter dikeluarkan. Pada daerah tusukan akan muncul rasa nyeri atau keluar sedikit darah, perawat akan melakukan balut tekan untuk mencegah perdarahan.
  • Setelah prosedur selesai, pasien diminta berbaring dan istirahat selama beberapa jam untuk observasi. Bila tidak ada masalah ataupun komplikasi, pasien diperbolehkan untuk pulang.

Prosedur ini aman dan terbukti efektif dalam pengobatan penyakit jantung koroner. Pada beberapa orang, dapat terjadi penyempitan kembali (restenosis) di daerah yang sudah terpasang ring.

Untunglah saat ini sudah ada drug-eluting stent (DES) yakni ring yang bersalut obat. Dengan DES, risiko restenosis berkurang signifikan mencapai 0-5%.

Setelah sampai rumah, sebaiknya Anda beristirahat, tidak mengangkat beban berat, dan banyak minum untuk membuang kontras melalui urine. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi obat dari dokter secara teratur.

[RS/RH]

JantungJantung sehatring jantung

Konsultasi Dokter Terkait