Sukses

Mata Lelah Karena Komputer? Ini Cara Mengatasinya

Mata lelah karena menatap layar komputer seharian? Tidak perlu khawatir. Ini cara mengatasinya.

Menatap layar komputer ataupun laptop dalam waktu lama merupakan tuntutan dari sebagian pekerja masa kini. Tak jarang, mereka yang demikian mengalami keluhan mata lelah. Anda juga?

Dalam dunia medis, mata lelah dikenal dengan sebutan Computer Vision Syndrome (CVS). Keluhan ini bukan merupakan masalah penglihatan yang spesifik. Namun kumpulan gejala pada mata, mulai dari rasa pegal hingga sakit secara khusus.

Jika Anda adalah salah seorang yang juga pernah mengalami kondisi mata lelah, jangan khawatir. Untuk mengatasi kondisi tersebut, lakukan cara praktis berikut ini.

  1. Mengatur Pencahayaan

Mengatur pencahayaan pada layar ataupun menggunakan filter layar akan membantu mengurangi kesilauan. Pengaturan lampu meja, cahaya dari jendela dan lampu ruangan juga turut membantu, sehingga cahaya pada layar tidak terlalu menyilaukan.

  1. Mengatur monitor

Panduan posisi monitor yang dianjurkan adalah sedikit di bawah mata, yaitu sekitar 50-70 cm dari wajah. Pada posisi tersebut, mata dan leher Anda tidak perlu terlalu tegang untuk dapat melihat ke layar dengan baik.

Bila perlu melihat ke arah buku atau kertas, maka paling baik adalah menggunakan sandaran buku atau kertas yang diletakkan sejajar dengan layar computer. Ini agar mata tidak perlu berubah-ubah fokus dan jarak terlalu sering.

  1. Beristirahat

Beristirahatlah dari layar komputer setiap 20 menit selama 20 detik dengan melihat jauh atau melihat sekeliling ruangan. Berkediplah dengan lebih banyak agar mata tetap lembap. Jika mata terasa terlalu kering, gunakan tetes mata untuk mengembalikan kelembapan mata.

  1. Sesuaikan pengaturan komputer dengan kondisi Anda

Aturlah kecerahan, kontras, dan ukuran tulisan dengan yang paling nyaman dan sesuai dengan penglihatan Anda.

  1. Periksa mata

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 6-12 bulan sekali. Ini untuk mengetahui ada/tidaknya masalah mata pada diri Anda.

Mata lelah biasanya bukan merupakan suatu kondisi yang serius. Namun jika kondisi tersebut disertai dengan sakit kepala, rasa tidak nyaman yang berlebihan, penglihatan ganda atau perubahan penglihatan yang signifikan, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar