Sukses

Anda Menopause? Jangan Lupa Makan Ini

Menopause mengharuskan wanita untuk menerapkan pola makan yang baik dan benar. Ingin tahu seperti apa? Simak di sini.

Menopause adalah suatu kondisi yang akan dialami oleh setiap wanita. Tak hanya berhenti haid, kondisi ini juga menyebabkan keringat malam akibat hot flushes, vagina kering, gangguan mood, rasa tidak nyaman dan keluhan lainnya.

Terkait kondisi tersebut, menerapkan pola makan yang baik dan benar haruslah dilakukan. Berikut panduan pola makan untuk Anda yang sudah menopause:

  • Perbanyak asupan kalsium

Kebutuhan kalsium yang dibutuhkan per hari adalah 1200 mg. Anda bisa mendapatkannya dari susu dan produk olahannya –seperti keju, dan yoghurt, brokoli, ikan, serta kacang-kacangan.

  • Tingkatkan zat besi

Zat besi bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi daging merah, ayam, ikan, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan serta gandum. Asupan zat besi harian yang dibutuhkan adalah 8 mg.

  • Cukupi kebutuhan serat

Perbanyak makanan yang tinggi serat, seperti gandum, sereal, buah serta sayuran. Asupan serat yang dibutuhkan adalah 21 gram per hari.

  • Perbanyak minum air putih

Jangan bosan mendengar nasihat ini. Minumlah air putih 8 gelas sehari agar kebutuhan cairan Anda terpenuhi.

  • Kurangi makanan tinggi lemak

Batasi konsumsi lemak jenuh, seperti yang terdapat pada daging berlemak, susu full cream, keju, es krim, dan makanan yang digoreng, karena dapat meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Lemak yang dikonsumsi sebaiknya kurang dari 25% total kalori harian Anda.

  • Batasi garam dan gula

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Sedangkan konsumsi gula atau makanan manis berlebih dapat meningkatkan risiko terkena obesitas dan diabetes.

Selain menjaga pola makan tetap bergizi seimbang, pastikan Anda tetap aktif secara fisik. Meskipun sudah memasuki masa menopause dan stamina tidak sebugar sebelumnya, Anda tetap wajib berolahraga seraca rutin dan teratur selama 30 menit per hari.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar