Sukses

Awas, Kulit Gatal Pertanda Adanya Masalah Serius!

Meskipun terlihat sepele, ternyata gatal bisa menjadi pertanda suatu kondisi yang serius, lho!

Gatal atau pruritus adalah sensasi tidak menyenangkan yang membangkitkan keinginan untuk menggaruk. Kondisi ini dapat dirasakan pada bagian tubuh tertentu ataupun di seluruhnya. Meski terlihat sepele, ternyata gatal bisa jadi pertanda suatu kondisi yang serius.

Penyebab gatal ada bermacam-macam. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Kulit kering

Gatal dapat disebabkan oleh kondisi kulit yang kering. Jika hanya terlihat warna putih di sekitar kulit yang gatal tanpa adanya bentol atau benjolan, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kulit kering.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan. Misalnya cuaca panas atau dingin dengan kelembapan yang rendah, terpapar AC terlalu lama, maupun mencuci atau mandi terlalu sering.

  1. Eksim atau dermatitis

Gatal juga dapat disebabkan oleh dermatitis, baik dermatitis atopi atau dermatitis kontak. Kondisi ini biasanya sudah diketahui faktor pencetusnya. Jadi, cara mengatasinya adalah dengan menjauhi hal tersebut.

Dermatitis biasanya disertai bentol merah, kulit yang teriritasi, dan lecet. Wol, bahan kimia, sabun, dan zat lainnya dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal-gatal. Namun terkadang, makanan dan bahan kosmetik tertentu juga dapat menyebabkan reaksi tersebut.

  1. Penyakit dalam

Penyakit yang dimaksud adalah penyakit hati, malabsorpsi gandum (penyakit celiac), gagal ginjal, anemia defisiensi besi, penyakit tiroid dan kanker –termasuk leukemia dan limfoma. Kondisi ini biasanya menyebabkan rasa gatal di sekujur tubuh.

  1. Gangguan saraf

Penyakit yang memengaruhi sistem saraf –seperti multiple sclerosis, diabetes mellitus, saraf terjepit dan herpes zoster juga dapat menjadi alasan di balik rasa gatal yang dirasakan.

  1. Obat-obatan

Reaksi terhadap obat antibiotik, obat antijamur atau obat antinyeri dapat menyebabkan rasa gatal dengan keadaan ruam (bintil merah) yang meluas.

  1. Kehamilan

Selama kehamilan, beberapa wanita mengalami keluhan kulit gatal, terutama pada bagian perut, paha, dada, dan lengan.

Siapa sangka, ternyata gatal dapat disebabkan oleh banyak kondisi. Untuk mengetahuinya secara pasti, sebaiknya kunjungi dokter.

[NB/RH]

Baca Juga:

2 Komentar