Sukses

Kenali 10 Ciri Bayi Sakit

Bayi masih belum dapat bicara atau mengungkapkan yang ia rasakan. Untuk itu, penting bagi orangtua untuk mengenali ciri-ciri bayi sakit.

Bayi sangat rentan terhadap penyakit karena daya tahan tubuhnya masih sangat lemah. Karena itu, Anda harus mengetahui ciri bayi sakit agar tahu kapan harus mencari pertolongan. Sepuluh ciri bayi sakit yang paling sering terjadi adalah:

  1. Demam

Demam merupakan salah salah satu ciri bayi sakit yang paling sering. Anak dikatakan demam jika memiliki suhu tubuh lebih dari 37.5 derajat Celcius. Demam dapat disebabkan oleh suatu penyakit ringan hingga berbahaya. Oleh karena itu, saat anak demam, perhatikan pula gejala lain yang menyertai demam tersebut.

  1. Diare, muntah, dan kembung

Salah satu ciri bayi sakit lainnya adalah gangguan saluran cerna berupa diare, muntah, dan kembung. Diare dan muntah sering menyebabkan kematian pada bayi, karena dapat menimbulkan dehidrasi jika tidak ditangani dengan tepat.

  1.  Batuk-pilek

Batuk-pilek juga merupakan salah satu ciri anak sakit yang paling sering terjadi akibat peradangan saluran napas. Batuk pada anak dapat disebabkan oleh infeksi virus influenza hingga masalah serius seperti pertusis dan TBC. Alergi juga dapat memicu batuk-pilek pada anak.

  1. Sesak napas

Sesak napas dapat terjadi karena infeksi paru-paru seperti pnemonia, sumbatan saluran napas seperti asma dan pertusis, atau masalah pada jantung anak. Sesak napas merupakan salah satu ciri bayi sakit yang harus segera mendapatkan pertolongan.

  1. Kejang

Kejang pada bayi dapat disebabkan oleh demam tinggi, infeksi pada sistem saraf pusat, tetanus, atau masalah lainnya. Oleh karena itu, bayi kejang harus segera mendapatkan pertolongan.

  1. Penurunan kesadaran

Salah satu ciri bayi sakit lainnya adalah penurunan kesadaran. Ini dapat terjadi karena infeksi pada sistem saraf pusat, gangguan peredaran darah bayi, atau masalah lain pada tubuh bayi.

  1. Kemerahan pada kulit

Kemerahan pada kulit bayi dapat terjadi karena kondisi ringan seperti biang keringat atau dapat juga merupakan gejala dari penyakit cacar, campak, demam berdarah, infeksi pada kulit, alergi, dan sebagainya.  

  1. Berat badan kurang

Berat badan kurang merupakan salah satu ciri bayi sakit. Ini dapat terjadi karena asupan nutrisi yang kurang atau karena adanya suatu penyakit kronis. Itulah mengapa pemantauan berat badan pada bayi perlu dilakukan secara rutin.

  1. Kuning

Kuning pada bayi merupakan salah satu ciri bayi sakit. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal yaitu pemecahan sel darah merah, gangguan pada proses pembentukan dan pengeluaran empedu, sumbatan saluran empedu, infeksi dalam darah, dan lain-lain.

  1. Bayi tampak lemas dan pucat

Lemas dan pucat juga merupakan ciri bayi sakit. Gejala ini dapat terjadi karena dehidrasi, anemia, gangguan peredaran darah, dan lain-lain.  

Kenalilah ciri-ciri bayi sakit dan segera berkonsultasi dengan dokter jika bayi Anda mengalami ciri-ciri tersebut. Dengan penanganan yang tepat dan cepat, Anda mengurangi risiko bayi Anda dari berbagai kemungkinan komplikasi yang dapat membahayakan nyawa.   

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar